Beranda Pemerintahan Kesbangpol Cilegon Klaim Siap Naikkan Dana Bantuan Parpol

Kesbangpol Cilegon Klaim Siap Naikkan Dana Bantuan Parpol

Ilustrasi Dana Bantuan ke Partai Politik.

CILEGON – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cilegon, Soeparman mengatakan bahwa selama dua periode pemilu legislatif (pileg) terakhir, pihaknya masih memberikan dana bantuan partai politik (parpol) dengan nilai Rp4.600 untuk setiap satu suara yang diraih oleh parpol yang memiliki wakilnya di parlemen.

“Harusnya memang sudah ada penyesuaian. Tadinya malah saya nantang mereka (pengurus parpol di Cilegon) akhir tahun lalu, kata saya kalau mau dinaikkin, ya tinggal naikkin. Mampung mau perubahan. Bisalah sampai Rp6.000 per suara. Tapi kan ngga ada yang maju,” ujarnya belum lama ini.

Dikatakannya, sistem penghitungan Rp4.600 per suara itu efektif diberlakukan setelah sebelumnya parpol yang memiliki wakilnya di parlemen mendapatkan Rp20 juta per kursi untuk setiap tahun anggaran.

“Kalau dihitung dari jumlah pemilih, misalnya setiap kursi itu mendapat 2.000 suara, ya hampir sama saja. Cuma kan aturannya menetapkan seperti itu, berdasarkan jumlah raihan suara,” katanya.

Adanya penyesuaian dana bantuan yang bersumber dari APBD itu menurutnya wajar. Karena hal itu turut mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah.

“Daerah lain seperti Cirebon itu sudah naik, meskipun nilainya masih di bawah kita. Tapi kan jumlah pemilihnya banyakan di sana. Atau seperti di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Di sana itu malah Rp138 ribu per suara, tapi kan jumlah penduduknya hanya 80 ribu,” terangnya. (dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini