Beranda Peristiwa Kesalnya Qoriah Disawer Duit saat Mengaji

Kesalnya Qoriah Disawer Duit saat Mengaji

Tangkap layar video Nadia Hawasy disawer saat mengaji. (IST)

BANTEN – Kisah viral seorang qoriah atau pembaca Al-quran perempuan disawer saat mengaji masih jadi buah bibir. Bahkan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengecam perbuatan tak pantas itu.

Aksi sawer duit itu terjadi saat ustadzah Nadia Hawasyi melantunkan ayat suci Al-Quran di atas panggung. Sang qoriah pun telah bereaksi atas video viral tersebut.

Dalam sebuah komentar yang ditujukan di akun Instagram Ustadz Hilmi Firdausi, Nadia Hawasyi mengatakan bahwa dirinya merasa tidak dihargai dengan tindakan para jemaah yang tiba-tiba menyawernya dengan uang.

Namun, karena tengah membaca Al-Quran, Nadia Hawasyi merasa tidak mungkin marah saat itu juga. “Assalamulaikun Ustadz, saya juga merasa tidak dihargai Ustadz, karena saya posisinya lagi ngaji, tidak mungkin mau marah-marah di atas panggung karena itu salah satu adab membaca Al-Quran,” kata Nadia dikutip dari Suara.com, Jumat (6/1/2023).

Menurut Nadia, hal yang bisa ia lakukan saat itu adalah mencabut uang yang diselipkan seorang jemaah di hijabnya. Serta menyelesaikan bacaannya. Setelah turun dari panggung, ia pun langsung menegur panitia acara tersebut.

Nadia mengaku jika dirinya hanyalah qoriah undangan yang ditugaskan untuk membaca Al-Quran, mengisi acara Maulid Nabi yang digelar di Pandeglang Banten. Sejak awal, dia tidak tahu bahwa akan disawer seperti itu.

“Pada saat saya disawer itu saya memang marah dan kesal sekali. Jadi sebetulnya panitia yang salah, gak menghormati kita sebagai pembaca Al-Quran,” ucapnya lagi.

Nadia mengungkapkan, kebiasaan sawer duit ini juga terjadi pada qori dan qoriah yang lain. Hanya saja, videonya tidak beredar viral seperti yang terjadi pada dirinya.

“Sebetulnya hal seperti ini bukan hanya terjadi sama saya, tapi banyak qori/qoriah lain yang lagi ngaji disawer seperti itu, apalagi di daerah Banten menurut saya sudah jadi hal yang lumrah bagi masyarakat Banten sawer qari, tapi mungkin tidak diviralkan videonya seperti video saya,” tandas Nadia.

Viral di Medsos

Seperti diketahui, baru-baru ini, seorang qoriah disawer di atas panggung saat melantunkan ayat suci Al Quran viral. Momen ini lantas membuat murka banyak warganet setelah di media sosial, salah satunya akun Instagram @nyinyir_update_official.

Qoriah tersebut ternyata merupakan Ustadzah Nadia Hawasyi. Pada acara yang digelar di Tangerang, Banten tersebut, tiba-tiba saja seorang jamah lelaki berpeci berdiri ke atas panggung dan langsung menebarkan uang dari sakunya ke arah dirinya.

Aksinya ini lantas diikuti oleh jamaah yang lain, bahkan salah satunya sampai menyelipkan uang di kerudung Nadia. Lainnya, seorang ibu menggenggamkan uang ke tangannya.

Melihat aksi tersebut para jamaah yang hadir justru bersorak riuh. Tak heran aksi tersebut langsung menjadi kontroversi. Tak sedikit yang mengkritik aksi sawer tersebut karena dinilai tak pantas dan tak beradab.

MUI Mengecam

Ramai video tersebut tentu saja membuat geram Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah Cholil Nafis. Dia mengecam aksi sawer duit tersebut dan ini perbuatan haram.

“Ini cara yang salah dan tak menghormati majelis. Perbuatan haram dan melanggar nilai-nilai kesopanan,” kata Cholil dalam cuitan di akun Twitter pribadinya.

Cholil meminta perbuatan tidak terpuji tersebut untuk dihentikan. Sebab, kata dia, aksi sawer duit terhadap qoriah merupakan perbuatan yang bertentangan, tak menghargai ayat-ayat suci Al-Qur’an yang tengah dibaca qoriah.

“Hentikan acara dan perbuatan seperti ini. Mohon ulama dan tokoh masyarakat menolak ini dan jangan menganggap ini tradisi yang baik. Jelas cara ini bertentangan dengan ayat-ayat yang dibaca qariah,” imbuhnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini