Beranda Peristiwa Kesaksian Warga Lebak yang Melihat Kedahsyatan Angin Puting Beliung

Kesaksian Warga Lebak yang Melihat Kedahsyatan Angin Puting Beliung

Kondisi Sekolah Dasar yang atapnya terbawa angin puting beliung.

LEBAK – Dampak kerusakan akibat angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Gunungkencana, Kabupaten Lebak membuat 88 rumah warga rusak pada bagian atapnya.

Dari pantauan di lokasi, pada saat kejadian banyak genteng rumah warga yang terbawa terbang akibat hempasan angin puting beliung yang begitu dahsyat, kerusakan rumah dominan terjadi pada bagian atap.

Novita, warga Kampung Dederan mengatakan, pada saat kejadian dirinya sedang berada di dalam rumah dan melihat hempasan puting beliung yang begitu dahsyat.

“Jadi dari penglihatan saya, angin itu datang dari arah barat. Jadi langsung menghantam rumah-rumah warga hingga membuat genteng-genteng rumah warga beterbangan,” kata Novita.

Ia menjelaskan, karena takut keluar rumah warga pun kebanyakan berlindung di dalam rumah.

“Di luar suasananya sangat mencekam, kursi yang ada di dalam rumah pun ada yang ikut terbawa oleh angin puting beliung juga,” ucapnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebak, Budi Santoso mengatakan saat ini Pemkab Lebak sudah melakukan pemantauan lapangan serta mendata rumah warga yang terdampak puting beliung.

“Jadi yang terdampak ada dua desa, yakni Desa Gunungkencana dan Sukanegara,” katanya usai meninjau rumah warga yang rusak.

Ia menambahkan, Pemkab Lebak melalui BPBD sudah memberikan bantuan kepada warga yang terdampak.

“Jadi saat ini kita sedang memantau dan melihat kondisi rumah-rumah warga yang terdampak, dan juga memberikan bantuan untuk warga yang terdampak,” ucapnya. (San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini