Beranda Komunitas Keren, Warga BIP Kota Serang Buat Aplikasi Layanan Publik

Keren, Warga BIP Kota Serang Buat Aplikasi Layanan Publik

Peluncuran Aplikasi E-SIAP pada Sabtu (20/8/2022). Foto: Istimewa

SERANG – Masih dalam momen peringatan HUT ke-77 RI, warga RW 30 Komplek Banten Indah Permai (BIP), Kota Serang meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Penduduk Elektronik atau E-SIAP. Aplikasi tersebut akan digunakan pengurus RT dan RW dalam pengelolaan administrasi kewargaan.

Aplikasi layanan publik itu diciptakn langsung oleh Egi, salah satu warga Lingkungan RT 01 RW 30 Komplek BIP, Kota Serang. Dirinya menilai dengan penggunaan aplikasi tersebut akan memberikan transparansi dalam pengelolaan dan penggunaan anggaran di lingkungan RW 30.

Hadir dalam peluncuran aplikasi E-SIAP yakni Ketua Komisi IV DPRD Kota Serang Khoeri Mubarok yang merupakan dari dapil 1 Serang A. Menanggapi penemuan aplikasi E-SIAP itu, Khoeri mengatakan hal itu merupakan terobosan yang sangat brilian yang dilakukan oleh warga RW 30 Kompleks BIP dalam pengelolaan data warga berbasis digital.

“Semoga ini bisa menjadi contoh untuk pengurus RW lain di Kota Serang dalam mengurus urusan warga di lingkungan masing-masing,” kata Heri, sapaan akrab Khoeri pada Sabtu (20/8/2022).

Selain transparasi anggaran warga, aplikasi E-SIAP juga memudahkan administrasi surat-menyurat dan keperluan lain. Bahkan, biodata warga akan terdata secara rapi, dengan klasifikasi warga berdomisili tetap maupun yang mengontrak.

Peluncuran aplikasi E-SIAP ini berbarengan dengan malam puncak peringatan HUT ke-77 RI dengan suasana meriah diisi dengan berbagai lomba seperti hafalan Al Qur’an, sepak bola, bulutangkis, bola voli, dan tenis meja. Dalam kesempatan tersebut, Khoeri memberikan bantuan berupa sound system dan uang pembinaan. (Dhe/Red)