Beranda Komunitas Keren! Kampung Tematik di Kota Tangerang Ini Dibangun Hasil Iuran Warga

Keren! Kampung Tematik di Kota Tangerang Ini Dibangun Hasil Iuran Warga

Warga di lingkungan RT 03 RW 03 Kelurahan Batujaya, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Ada tradisi unik di Kota Tangerang, yakni tradisi iuran sukarela atau jimpitan yang digencarkan warga di lingkungan RT 03 RW 03 Kelurahan Batujaya, Kecamatan Batuceper. Tradisi warga ini juga berhasil membentuk kampung tematik di wilayah.

Setiap harinya, petugas Sekretariat Kampung Jimpitan Berbagi Berkah (KB2) mengambil sumbangan jimpitan yang nominalnya tidak dibatasi di rumah-rumah warga. Dengan melakukan pencatatan yang jelas, petugas bisa mengumpulkan hingga ratusan ribu dari uang jimpitan tersebut.

“Selain untuk pembangunan Kampung Jimpitan Berbagi Berkah (KB2), uang tersebut juga kita gunakan untuk keperluan kemasyarakatan. Seperti kalau ada warga yang meninggal ataupun lainnya,” ujar Slamet Hariyanto, Ketua Penggiat Kampung Jimpitan KB2 dalam keterangannya.

Slamet Hariyanto yang akrab disapa Nanang, menceritakan berbagai kegiatan hadir di kampung ini. Dimulai dari Kelompok Wanita Tani (KWT) , taman bermain, hingga perpustakaan yang kerap dijadikan lokasi belajar anak-anak sekitar.

“Jadi tempat ini memang menjadi spot yang digemari warga di sini. Ya, dari warga, oleh warga, dan untuk warga lah,” kata dia.

Dalam pembangunannya, selain mengandalkan jimpitan warga, pihaknya juga kerap dibantu oleh pihak lainnya. Mulai dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terkait pasokan tanaman.

“Sementara kami dapat bantuan dari Pemkot berupa tanaman. Sedangkan untuk lahan ini ya kami minjam dengan PLN,” paparnya.

Jamaludin, Lurah Batujaya pun terus mendukung program yang diinisiasi warga. Dengan demikian wilayah RT 03 lebih tertata dan semakin sejuk dengan hadirnya penghijauan di rumah-rumah warga.

“Memang terbentuknya kampung tematik karena program dari pemerintah kota, lalu dikembangan dengan pelatihan yang diberikan dan warganya juga responsif,” terang Jamal.

Dirinya berharap agar kegiatan serupa dapat ditiru oleh wilayah lain di Kelurahan Batujaya. “Walau kami terkendala lahan, ya harapannya warga bisa memanfaatkan pekarangannya untuk penghijauan,” harap dia.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini