Beranda Pemerintahan Kepala BPK Banten Sebut Banyak Oknum Nakal Saat Audit Laporan Keuangan Pemda

Kepala BPK Banten Sebut Banyak Oknum Nakal Saat Audit Laporan Keuangan Pemda

Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Banten, Emmy Mutiarini

CILEGON – Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Banten, Emmy Mutiarini mengakui bahwa banyak oknum yang mengatasnamakan lembaga yang dipimpinnya untuk mencari keuntungan pribadi.

Oknum ini biasa beraksi saat melakukan audit laporan keuangan di pemerintah daerah (Pemda) kota/Kabupaten di Provinsi Banten.

Oknum ini diduga menjanjikan audit BPK terhadap laporan keuangan Pemda bisa berjalan lancar, namun dengan imbalan tertentu.

Bahkan oknum tersebut nekat melancarkan aksinya meski sudah tidak bekerja di BPK RI Perwakilan Banten lagi.

“Bukan pernah, dikatakan sering juga tidak, tapi ada beberapa, tapi memang menyebar di semua, makanya informasi itu agar semua pihak waspada,” ujar Emmy Mutiarini ditemui di Aula Setda II Pemkot Cilegon, Rabu (1/2/2023).

Dia menyatakan petugas BPK melaksanakan tugas pemeriksaan harus secara amanah sesuai dengan undang-undang dan konstitusi.

“Kita memang harus profesional, tidak ada namanya hasil pemeriksaan yang diiming-imingi hal yang lain, tadi sudah diungkapkan bahwa BPK itu melaksanakan sesuai dengan standar pemeriksaan petunjuk atau pedoman yang ada di internal BPK. BPK juga semua pimpinan dan pelaksana BPK itu sudah punya kode etik pemeriksaan yang memang harus dipatuhi dilaksanakan dan memang untuk selalu diterapkan,”ucapnya.

Sebab itu pihaknya menegaskan bila ada oknum BPK yang bermain dalam melakukan audit laporan keuangan pemerintah daerah agar langsung melaporkan.

“Kami minta bila ada oknum seperti itu laporkan langsung, kirim nomornya bila dihubungi dan lain sebagainya,” ucapnya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ