Beranda Kesehatan Kepala BPBD: Kebutuhan Masker Bagi Masyarakat Banten Masih Belum Terpenuhi

Kepala BPBD: Kebutuhan Masker Bagi Masyarakat Banten Masih Belum Terpenuhi

Kepala Pelaksana BPBB Provinsi Banten Nana Suryana secara simbolis menerima bantuan masker dari relawan Gemas di Kantor BPBD Provinsi Banten, Senin (28/9/2020).(Mir/BantenNews.co.id)

SERANG – Pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan bagi seluruh masyarakat untuk wajib memakai masker. Hal itu tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakkan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Di sisi lain, kebutuhan masker sebagai salah satu alat pelindung diri (APD) bagi masyarakat masih kurang. Tak terkecuali masyarakat Banten.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, Nana Suryana mengaku, bahwa jumlah kebutuhan masker masyarakat di Banten tentu masih belum terpenuhi oleh pemerintah.

“Kalau berbicara kebutuhan ideal, tentu saja masih sangat jauh. Karena jika jumlah masyarakat Banten saat ini sekitar 11 juta, dan kalau saja 1 orang harus memakai masker dan memiliki cadangan 2 buah, artinya warga Banten memerlukan 22 Juta Masker, dan itu tentu saja tidak bisa menjadi tanggungjawab pemerintah sepenuhnya,” ujar Nana usai menerima sumbangan 10 ribu masker dari komunitas Gerakan Memakai Masker (Gemas) di Kantor BPBD Provinsi Banten, Senin (28/9/2020).

Oleh karena itu, Nana mengatakan, peran stakeholder baik pemerintah maupun swasta juga komunitas sangatlah diperlukan.

“Disinilah perlu adanya bantuan  dari berbagai pihak. Seperti dari perusahaan swasta, perusahaan dan masyarakat yang sekiranya mampu untuk berbagi dengan yang lain,” katanya.

Dikatakan Nana, saat ini sesuai arahan pemerintah pusat, Pemprov Banten juga sedang mengajukan anggaran pada APBD 2021 untuk pembelian masker agar nantinya masker tersebut bisa dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang tidak mampu membeli masker. “Sedang kita upayakan, sedang kita ajukan,” ujarnya.

Perwakilan relawan Gemas, Rangga Andriana mengatakan, bahwa donasi masker ini diberikan sebagai wujud kepedulian Gemas kepada warga Banten.

“Tujuan kami ini agar masyarakat dapat memakai masker secara gratis, terutama untuk orang-orang yang tidak mampu,” kata Rangga.

Lebih lanjut, Rangga menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan masker gratis ini juga dapat  mengakses sicepat.com.

“Karena perusahaan si cepat.com ini merupakan perusahaan yang bekerjasama dengan Gemas dalam pendistribusian masker gratis dari kami,” jelasnya.

(Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini