Beranda Bisnis Kepala BI Banten: Pasar Lingkungan untuk Meningkatkan Kemandirian Pangan

Kepala BI Banten: Pasar Lingkungan untuk Meningkatkan Kemandirian Pangan

Bank Indonesia (BI) Banten mengadakan pertemuan dengan para pejabat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Serang di salah satu kafe di Kota Serang pada Kamis (13/7/2023).
Bank Indonesia (BI) Banten mengadakan pertemuan dengan para pejabat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Serang di salah satu kafe di Kota Serang pada Kamis (13/7/2023).

SERANG – Bank Indonesia (BI) Banten mengadakan pertemuan dengan para pejabat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Serang di salah satu kafe di Kota Serang pada Kamis (13/7/2023). Pertemuan ini bertujuan untuk membahas langkah-langkah dalam menghadapi inflasi di Banten, terutama di Kota Serang.

Menurut Kepala BI Banten, Imaduddin Sahabat, pertemuan ini merupakan bagian dari rapat koordinasi dengan tim TPID. Selain membahas inflasi, pertemuan ini juga membahas upaya penguatan ekonomi di daerah. Turut hadir dalam pertemuan ini Sekretaris Daerah Kota Serang Nanang Syaefudin, pejabat dari bidang pertanian, perekonomian, dan perdagangan perindustrian.

“Salah satu upaya yang dibahas adalah penguatan program hilirisasi, yang bertujuan untuk memperkuat pasar dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Kota Serang memiliki potensi di sektor pertanian, terutama dalam produksi padi. Selain itu, juga dibahas upaya untuk mendekatkan pasar dengan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Ia menjelaskan pasar lingkungan adalah pasar yang dekat dengan lingkungan sekitar, sehingga masyarakat tidak perlu melakukan perjalanan jauh. Selain itu, pasar lingkungan juga memberikan kepastian pasokan dan mendorong kemandirian pangan, seperti program urban farming atau kegiatan budidaya tanaman atau memelihara hewan ternak di dalam dan di sekitar kota kecil untuk memperoleh bahan pangan atau kebutuhan lain dan tambahan finansial.

Kepala BI Banten juga menyebutkan bahwa Banten telah memiliki Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS), yang akan bekerja sama dengan BI dalam beberapa program. Tujuan dari pasar lingkungan adalah agar masyarakat dapat memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang tepat. Pasar lingkungan akan dijadwalkan dan bekerja sama dengan BUMD dan Bulog untuk memastikan ketersediaan dan harga yang terjangkau.

“Pemerintah Kota Serang juga akan merevitalisasi berbagai pasar yang selama ini kurang aktif. Dengan adanya pasar lingkungan dan revitalisasi pasar, diharapkan ekonomi di Banten dapat berkembang lebih baik,” harapnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ