Beranda Kesehatan Kenali Jenis MPASI Pertama Untuk Si Kecil

Kenali Jenis MPASI Pertama Untuk Si Kecil

Ilustrasi - foto istimewa Alodokter.com

SERANG – Usia bayi 6 bulan menjadi waktu yang paling dinantikan para ibu untuk memperkenalkan berbagai rasa pada si kecil. Namun, tak jarang yang juga kebingungan untuk memberikan makanan pendamping ASI (MPASI).

Memilih makanan untuk MPASI tidak bisa sembarangan. Para ibu harus memikirkan banyak faktor terkait alergi yang mungkin dimiliki buah hati hingga kandungan nutrisinya.

Penting juga bag ibu untuk mengetahui waktu yang tepat memberikan MPASI kepada anak. Berikut ada beberapa ciri-ciri anak yang siap diberikan makanan pendamping seperti dikutip dari berbagai sumber, yakni anak sudah dapat duduk tegak tanpa bantuan atau dipegangi.

Kemudian si kecil mulai menunjukkan gerak-gerik atau ekspresi ketertarikannya ketika orang dewasa atau orang lain tengah makan, anak sering membuka mulutnya ketika ia disodorkan makanan. Anak mengambil sesuatu kemudian memasukkannya ke dalam mulut misalnya makanan yang ada di dekatnya.

Untuk jenis makanan yang cocok diberikan pada awal MPASI disarankan para ibu membuat sayuran seperti wortel, labu, kentang, ubi, brokoli yang ditumbuk atau dihaluskan. Bisa juga menggunakan buah misalnya apel, pisang, pepaya, pir, atau alpukat dihaluskan.

Jika ingin simpel, ibu juga dapat memberikan sereal bayi bebas gluten yang mengandung zat besi lalu mencampurkannya dengan ASI. Kemudian bubur susu atau biskuit yang dihaluskan.

Saat memberikan MPASI, hindari penggunaan garam, gula, madu atau pemanis lainnya. Pastikan juga sayuran selalu ada dalam menu harian bayi.

(Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini