Beranda Komunitas Kementerian Koperasi UMKM Dampingi LPK Cengkok Karya Mandiri

Kementerian Koperasi UMKM Dampingi LPK Cengkok Karya Mandiri

Menteri UMKM Teten Masduki menerima kunjungan dari LPK Cengkok. (IST)

BANTEN – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan menjalin kerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Cengkok Karya Mandiri. Kementerian akan melatih LPK untuk mendampingi UKM membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) hingga membantu jalur permodalan. Pendampingan ini menjadi bagian dari upaya memperkuat dan mendorong transformasi usaha kecil menengah.

Dalam pertemuan yang diselenggarakan pada 18 Januari 2022, Menteri Koperasi dan UKM  Teten Masduki hadir secara langsung. Didampingi Sekretaris Deputi Usaha Mikro Aufrida Herni Novieta dan Sekretaris Deputi Perkoperasian Devi Rimayanti. Sedangkan LPK Cengkok Karya Mandiri diwakili antara lain oleh Ketua BLK M Sidik dan pembina Muhkam Hudaya.

Selain itu, kementerian pun menyatakan komitmen untuk turut membimbing BLK dan UKM yang dampingi dalam mendorong literasi kewirausahaan dan digital. Menurut Teten, kementerian pun bisa membantu berbagai pelatihan yang dibutuhkan LPK untuk mendorong akselerasi usaha rakyat.

“Penting bagi UKM agar lebih melek dan memanfaatkan perkembangan teknologi. Banyak contoh UKM yang go-internasional dan mendapat sokongan dari pengusaha luar negeri. Valuasinya meningkat beberapa kali lipat,” ujar Teten.

Ketua LPK Cengkok Karya Mandiri M Sidik mengapresiasi dan menyambut baik ajakan kerjasama kementerian Koperasi dan UKM. Menurut Sidik berbagai produk yang dihasilkan UKM sebenarnya berkualitas tinggi. Tapi karena pengemasan yang buruk dan tidak ditopang pemasaran yang bagus akhirnya tidak berkembang.

“Masalah utama lainnya adalah permodalan. Tapi alhamdulillah, Kementerian Koperasi dan UKM sudah memberi akses terkait modal. Pak Menteri pun meminta kami turut bantu UKM di Tangerang. Kami harap LPK Cengkok Karya Mandiri bisa menjadi contoh dan bisa memperkuat ekonomi rakyat,” tandasnya.

Pertemuan yang berlangsung hampir selama dua jam tersebut diakhiri dengan pemberian cendera mata hasil karya LPK Cengkok Karya Mandiri kepada Menteri Teten. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini