Beranda Pariwisata Kemenpar Persiapkan Rencana Aksi Pemulihan Pariwisata Daerah Terdampak Tsunami

Kemenpar Persiapkan Rencana Aksi Pemulihan Pariwisata Daerah Terdampak Tsunami

234
0
Menteri Pariwisata Arief Yahya. (Foto : ist)

 

PANDEGLANG – Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama instansi terkait dan pemangku kepentingan pariwisata menyiapkan sejumlah rencana aksi untuk mempercepat pemulihan pariwisata Banten dan Lampung pasca-tsunami Selat Sunda.

Rapat Koordinasi pemulihan sektor pariwisata pasca tsunami selat sunda dihadiri oleh Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, dan Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban membahas rencana aksi pemulihan sektor pariwisata yang difokuskan untuk pemulihan Sumber Daya Manusia (SDM) dan kelembagaan kepariwisataan, strategi promosi destinasi pariwisata yang tidak terkena dampak, serta pemulihan destinasi pariwisata yang terdampak.

“Kami berkomitmen melakukam pemulihan pariwisata di Banten dan Lampung, melalui strategi 3 pilar pariwisata yakni SDM dan kelembagaan pemasaran serta destinasi,” beber Arif saat memimpin Rakor di salah satu hotel di Kabupaten Serang, Sabtu (12/1/2018).

 

 

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban menyatakan bahwa pemerintah daerah telah menetapkan status transisi darurat pemulihan bencana. Pemkab Pandeglang berkomitmen untuk mempercepat pemulihan akibat bencana. Ia mengaku bahwa Pemkab Pandeglang terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemrov Banten untuk mempercepat recovery sektor pariwisata.

“Supaya dalam penanganan pasca bencana ini masyarakat bisa berangsur bangkit dari keterpurukan, perputaran ekonomi masyarakat kembali normal dan potensi perkembangan sektor pariwisata sedikit demi sedikit bisa berangsur pulih dan pada intinya masyarakat bisa kembali menjalankan aktivitas seperti biasanya,” ucapnya. (Med/Red)