Beranda Kesehatan Kemenhub Buatkan Skema Mudik Tahun Ini

Kemenhub Buatkan Skema Mudik Tahun Ini

Kendaraan pemudik hendak menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak - foto istimewa

JAKARTA – Pada tahun ini, Pemerintah tidak melarang mudik lebaran meski masih dalam situasi pandemi. Namun Kementrian Perhubungan tengah menyiapkan sejumlah skema bagi aktivitas mudik tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi. Dikatakan, mekanisme protokol kesehatan untuk mudik lebaran akan disusun oleh Gugus Tugas Covid-19.

“Kami akan koordinasi dengan Gugus Tugas bahwa mekanisme mudik akan diatur bersama dengan pengetatan, dan akan dilakukan tracing pada mereka yang akan berpergian,” ujar Budi Karya dalam rapat kerja dengan komisi V DPR RI, Selasa (16/3/2021).

Selain itu, beberapa program pemerintah yang sudah dilakukan dinilai menambah rasa percaya diri masyarakat untuk mudik lebaran tahun ini.

Di sisi lain mudik lebaran juga berpotensi menimbulkan kluster baru lonjakan kasus Covid-19 baru bila tak diantisipasi dengan baik.

“Pasti terjadi lonjakan. Program vaksinasi membuat masyarakat ingin bepergian. Ada juga PPnBM 0 persen dan penggunaan tes genose yang membuat orang confident bepergian,” kata Budi. (Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ