Beranda Nasional Kemenhub Bakal Bangun Terminal di Banten Senyaman Bandara

Kemenhub Bakal Bangun Terminal di Banten Senyaman Bandara

Ilustrasi - foto istimewa medium.com

SERANG – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal pembangunan 38 Terminal Bus Tipe A di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Banten. Terminal ini nantinya akan memiliki fasilitas seperti bandar udara.

“Di tahun 2019 saya sudah dibilang Pak Menteri Perhubungan akan merencanakan sekitar 38 terminal (bus) tipe A untuk tahun 2020,” ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setyadi saat diskusi transportasi di Meradelima Resto, Jalan Adityawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (23/6/2019).

Hingga saat ini, Budi mengatakan terdapat 125 terminal bus tipe A di seluruh Indonesia. Baik yang dikelola oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

“Kita terminal (bus) tipe A di Indonesia sudah ada sekitar 125. Sebagian besar sudah diserahkan kepada pusat, sebagian besar belum,” ujar Budi dilansir detik.com.

Budi mengaku, untuk pembangunan dan menyulap terminal bus tipe A tentu disusul oleh beberapa faktor lainnya. Seperti pelayanan, prasarana, serta Sumber Daya Manusia (SDM) di terminal tersebut.

“Tapi yang 38 ini menjadi prioritas utama kita di tahun 2020 untuk memperbaiki terminalnya. Apa yang disampaikan Pak Menteri singkat kepada saya, ‘Saya minta terminal 2020 sama dengan bandara’ tapi kan buntutnya panjang. Di situ ada servisnya, ada prasarananya, ada SDM-nya, ada sistemnya dan lain sebagainya,” lanjut Budi.

Pada tahap pertama, prioritas pengadaan terminal bus tipe A ada di sepanjang jalur Pantai Utara (Pantura). Terminal itu akan dimulai dari Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

“Tahap satu yang prioritas di daerah kabupaten/kota sepanjang Pantura itu akan kita perbaiki. Jadi 38 terminal itu adalah dari mulai Merak sampai dengan Banyuwangi,” lanjutnya.

Baca juga: Kemenhub Mau ‘Sulap’ Terminal jadi Seperti Bandara Tahun Depan

Sementara itu di luar Pulau ada di tiga provinsi. Provinsi tersebut diantaranya Pare-pare, Sulawesi Selatan, Padang Sumatera Barat dan Provinsi Lampung.

“Di luar Jawa ada Pare-pare, kemudian ada juga di Lampung. Kalau Padang itu termasuk yang mau kita bangun. Kalau yang lain itu perbaikan, karena Padang belum punya terminal tipe A di tanah air,” tutupnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini