Beranda Pendidikan Kemendikbud Lanjutkan Program Bantuan Kuota Internet di 2021

Kemendikbud Lanjutkan Program Bantuan Kuota Internet di 2021

Ilustrasi - foto istimewa

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan program bantuan kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen tetap akan berlanjut pada 2021.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Naim mengatakan kebijakan ini dilanjutkan karena masih banyak daerah yang belum membuka sekolah atau kampus dan melanjutkan pembelajaran jarak jauh karena pandemi COVID-19 masih meningkat.

“Oleh karena itu di tahun 2021, alokasi kuota internet ini masih akan dilakukan, namun tentu kita akan berusaha untuk menempuh dengan cara yang lebih baik,” kata Ainun dalam jumpa pers virtual yang dikutip suara.com, Selasa (5/1/2021).





Ainun menyebut kebijakan ini mendapatkan respons positif dari berbagai pihak yang menyebut PJJ semakin terbantu dengan adanya bantuan kuota internet.

“Sedang dirumuskan besaran dan cakupannya seperti apa. Karena ada perkembangan penyelesaian pandemi Covid-19, ini alternatif pelaksanaan pembelajaran dari rumah,” sambungnya.

Berdasarkan data Kemendikbud, bantuan kuota internet sudah diterima oleh 35.725.387 siswa, guru, mahasiswa, dan dosen selama empat bulan terakhir 2020.

Mendikbud Nadiem Makarim menyebut kebijakan bantuan kuota internet ini menggunakan anggaran negara sebesar Rp 7,2 triliun.

Jatah kuota internet dipatok sebesar 35 gigabyte per bulan untuk siswa dan 50 gigabyte per bulan untuk mahasiswa.

Kemudian jatah kuota internet sebesar 45 gigabyte per bulan untuk guru dan 50 gigabyte per bulan untuk dosen. Total anggaran untuk kuota internet ini adalah Rp 7,2 triliun. (Red)