Beranda Pemerintahan Kemendagri Bantu Identifikasi Korban Tsunami dan Terbitkan Dokumen Kependudukan

Kemendagri Bantu Identifikasi Korban Tsunami dan Terbitkan Dokumen Kependudukan

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Bahtiar. (doc. Puspen Kemendagri)

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Ditjen Dukcapil menerjunkan tim ke lokasi bencana Tsunami di Selat Sunda. Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Bahtiar mengatakan tim tersebut nantinya akan berkoordinasi dengan Polri dan Pemerintah Daerah setempat untuk mengidentifikasi korban dan membantu menerbitkan dokumen kependudukan.

“Tim Dukcapil Kemendagri akan membantu Tim DVI dan Inafis untuk mengidentifikasi korban sekaligus membantu menerbitkan dokumen korban yang hilang,” kata Bahtiar dalam rilisnya kepada BantenNews.co.id, Selasa (25/12/2018)

Bahtiar menambahkan, setiap korban yang telah teridentifikasi akan langsung diterbitkan akta kematian oleh Tim Dukcapil Kemendagri.

“Penerbitan akte kematian bagi korban meninggal yang telah teridentifikasi sebagai wujud kehadiran pemerintah di tengah masyarakat,” jelas Bahtiar.

Dalam pelaksanaannya nanti, tim Dukcapil akan membuka posko di tiga lokasi. “Tiga posko yang akan kami buka adalah posko di Dukcapil Serang, Dukcapil Pandeglang, dan Dukcapil Lampung Selatan,” jelasnya.

Bahtiar berharap, respon yang diberikan oleh Kemendagri ini akan sedikit meringankan beban masyarakat yang terkena bencana tsunami. “Kami atas nama Kemendagri berharap semoga bantuan yang kami berikan akan sedikit meringankan beban masyarakat yang terkena bencana,” tutup Bahtiar. (red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ