Beranda Pendidikan Kemenag Minta Pengawas PAI Paham Aplikasi Emis

Kemenag Minta Pengawas PAI Paham Aplikasi Emis

121
0
Kementrian Agama (Kemenag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi Education Management Information System (Emis) kepada seluruh pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI)

TANGSEL – Kementrian Agama (Kemenag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi Education Management Information System (Emis) kepada seluruh pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) di Ruang Pakis Kantor Kemenag Tangsel, Jalan Wana Kencana, Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong, Senin (13/5/2019).

Bimtek tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) dari Kemenag Tangsel, Muhammad Edi Suharsongko.

Menurut Edi, pihaknya ingin seluruh pengawas PAI dan staf Pakis menguasai secara teknis pemanfaatan aplikasi Emis tersebut.

“Ini sangat penting dalam pendataan guru dan pengawas. Mereka harus mampu memberikan pelayanan pendataan guru PAI menggunakan aplikasi Emis ini,” jelas Edi.

Edi melanjutkan bahwa aplikasi Emis ini dalam rangka upaya pendataan guru dan pengawas PAI secara maksimal, akurat, dan valid.

“Saat ini kita dituntut untuk bekerja secara tekhnologi dalam menjalankan tugas. Segala data yang berkaitan dengan proses belajar mengajar harus diinput secara online,” ujarnya.

Menurutnnya saat ini pendataan melalui aplikasi Emis merupakan satu-satunya instrument penjaringan data pokok pendidikan Islam yang resmi.

Tentu untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat, data yang di jaring harus lengkap, akurat, rapi, tepat waktu, integritas, dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Jadi dengan Bimtek kepada para pegawas PAI ini diharapkan dapat ikut mensosialisasikan dan membantu kepada guru-guru binaannya,” tukasnya. (Tra/Ihy/Red)