Beranda Komunitas Kemenag Lebak Berharap Kuota Jamaah Calon Haji Tahun 2023 Meningkat

Kemenag Lebak Berharap Kuota Jamaah Calon Haji Tahun 2023 Meningkat

Ilustrasi - foto istimewa Payuung

LEBAK- Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebak menginginkan kuota jamaah calon haji untuk Kabupaten Lebak di tahun 2023 meningkat.

Kasubbag Tata Usaha Kemenag Lebak, Sudirman mengatakan, sebelumnya pada tahun 2022 ini kuota jamaah calon haji di Lebak hanya mendapatkan jatah sebanyak 294 orang saja. Namun, untuk tahun 2023 nanti kita menginginkan meningkat.

“Jika jumlah tahun ini 294, maka jumlah calon haji 2023, kami ingin meningkatkannya sebanyak 500 orang,”kata Sudirman saat dihubungi, Kamis (10/11/2022).

Ia menjelaskan, jika pihaknya sudah berkirim surat kepada Kemenag pusat untuk bisa menambahkan kuota jamaah calon haji untuk Kabupaten Lebak.

“Semoga saja, karena kuota jemaah yang akan berangkat belum diketahui berapa yang di izinkan oleh pemerintahan Arab Saudi,” ujarnya.

Sudirman menambahkan, Kemenag Lebak juga telah memberikan pembinaan kepada 1.000 calon jamaah agar menjadi haji yang mabrur. Ibadah haji merupakan ibadah fisik, dan semua calhaj pasti bertujuan mencapai haji mabrur.

“Salah satu indikator haji yang mabrur yang pertama menebarkan salam, kedua menjadi orang yang senang berinfaq, dan yang ketiga mengutarakan ucapan yang membuat orang nyaman dan tenang serta berisi doa-doa, dan memenuhi syarat, wajib, sunnah dan rukun hajinya,” ucapnya

Sementara itu, Sekretaris MUI Kabupaten Lebak Ahmad Hudori menuturkan, kepada para calon jemaah haji niatkan hati yang tulus siapkan fisik dan mental.

“Dalam beribadah ke tanah suci jemaah perlu meningkatkan kualitas niat yang baik, karena amal tergantung kepada niatnya,” katanya. (San/Red)