Beranda Pariwisata Kembangkan Wisata Ketapang, Bupati Tangerang Berharap Dana Bantuan Pusat

Kembangkan Wisata Ketapang, Bupati Tangerang Berharap Dana Bantuan Pusat

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar memaparkan program Desa Wisata Ketapang, Kecamatan Mauk melalui Video Conference - foto istimewa

KAB. TANGERANG – Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar memaparkan program Desa Wisata Ketapang, Kecamatan Mauk melalui Video Conference untuk usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Pupera).

Video Conference tersebut berlangsung di Ruang Cituis Lantai 5 gedung Setda Kab. Tangerang. Kamis, (30/4/20).

Zaki mengatakan DAK tersebut dialokasilan khusus untuk sektor air minum dan sanitasi serta penanganan perumahan. Saat ini Kabupaten Tangerang sudah berada di posisi 16 besar dari 48 daerah yang disaring menjadi 33 derah dan sekarang masuk di urutan 16.

“Nanti terpilihnya antara 5 sampai dengan 10 daerah. Harapannya dengan saya sendiri yang langsung mempresentasikan kepada Kementrian dan Insatansi terkait kita bisa masuk 5 sampai 10 besar yang nantinya bisa mendapatkan DAK dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Zaki menjabarkan, bahwa pihaknya memilih Ketapang menjadi lokasi khusus pembangunannya, karena untuk melanjutkan program yang sudah ada dan tinggal dilanjutkan pada zona wisatanya.

“Pemberdayaan masyarakat dan tahap duanya kita fokus kepada infrastruktur pendukung ekonomi yang Pelabuhan pasar ikan. Harapannya di 2021 ini kita fokus kepada penanganan rumah tidak layak huninya, sanitasi dan air bersih, jadi kalau rumah tidak layak huninya tertangani artinya 2021 itu wajah Ketapang itu berubah drastis dari yang tadinya kumuh menjadi lebih baik,” Harap Zaki.

“Jadi arah dari DAK yang sedang dikirim proposal ini lebih kepada pelaksanaan Perumahan sanitasi faktor itu bermasalah masih banyak rumah tidak layak huni sanitasi yang bermasalah air minum ini juga masih menjadi persoalan dan itu yang kita tuntaskan di Ketapang melalui DAK,” lanjutnya.

Semantara itu Andie Pramudita dari Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah (PFID) Kemen PUPR mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi proposal usulan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang yang sudah begitu jelas dan komprehensif dalam isi paparan dan penyampaian oleh Bupati Tangerang.

“Apa yang sudah dipaparkan oleh Pak Bupati sangat jelas, dan kita sama sama berdoa saja apa yang diharapkan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang bisa terwujud dan bisa masuk ke tahap selanjutnya,” katanya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini