Beranda Nasional Kemajuan Bangsa Dipengaruhi Infrastruktur dan Kualitas Masyarakatnya

Kemajuan Bangsa Dipengaruhi Infrastruktur dan Kualitas Masyarakatnya

Presiden Jokowi menyapa para pelajar - foto istimewa

SERANG – Presiden Joko Widodo mengakselerasi untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Demi mencapai masa kejayaan Indonesia tersebut, Jokowi terus mengebut pembangunan infrastruktur serta peningkatan SDM masyarakat.

Wakil Rektor II Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Suprapto menilai langkah Jokowi untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 luar biasa. Menurutnya kemajuan sebuah bangsa dipengaruhi oleh infrastruktur dan kualitas masyarakatnya.

“Saya percaya dan sangat yakin program Pak Jokowi untuk meningkatkan SDM dan infrastruktur luar biasa, itu pasti akan membuat fondasi untuk menuju Indonesia Emas 2045 InsyaAllah akan tercapai,” ujar Suprapto dalam keterangannya, Sabtu (21/1/2023).

Sektor infrastruktur menjadi salah satu fokus pemerintahan Jokowi dalam upaya mewujudkan

Indonesia Emas. Berbagai pembangunan telah terealisasi di seluruh daerah. Seperti jalan tol sepanjang

1.900 kilometer, 15 bandara dan 124 pelabuhan.

Pembangunan SDM masyarakat juga terus dikebut Pemerintahan Jokowi. Melalui berbagai program dan kebijakan yang terus digalakkan, diharapkan generasi ke depan sebagai penerus komando kepemimpinan bangsa.

Melihat komitmen Jokowi membangun infrastruktur dan meningkatkan SDM masyarakat, Suprapto yakin Indonesia Emas 2045 akan terwujud, apabila gagasan yang sudah dibangun Jokowi terus dilanjutkan. Sebab menurutnya, fondasi yang dibangun Jokowi sudah sangat bagus.

“InsyaAllah saya melihat fondasinya cukup kuat, memang dasar utama untuk menuju Indonesia Emas 2045 adalah infrastruktur dan SDM unggul,” pungkasnya.

Presiden Jokowi kembali memfokuskan APBN 2023 untuk terus membangun infrastruktur di seluruh Indonesia dan meningkatkan SDM bangsa. Dari total anggaran Rp 3.061 triliun, alokasi untuk membangun SDM unggul dan produktif mencapai Rp 612,2 triliun. Sementara untuk infrastruktur sebesar 392,2 triliun.

Mewujudkan Indonesia pada tahun 2045 merupakan langkah pemerintah dalam membangun

Indonesia untuk menjadi Megatrend Dunia yang semakin sarat akan persaingan yang sangat ketat.

Pemerintah dalam mewujudkan hal tersebut membangun pilar Visi Indonesia 2045 sebagai bahan acuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa demi mewujudkan Indonesia yang berdaulat , mandiri, dan berkepribadian menjadi acuan setiap langkah pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan.

Pencapaian impian dan visi Indonesia 2045 dibangun dengan 4 pilar berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar berbangsa, bernegara dan konstitusi.  4 Pilar Visi Indonesia 2045 yaitu:

1.       Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

2.       Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

3.       Pemerataan Pembangunan

4.       Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan

Tujuan 4 Pilar Indonesia untuk Indonesia Emas 2045 adalah :

1.       Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia

2.       Memajukan kesejahteraan umum

3.       Mencerdaskan kehidupan bangsa

4.       Melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial

(Red)