Beranda Kesehatan Kejar Target RPJMD, Pembangunan Puskesmas dan Rumah Sakit di Tangsel Dikebut

Kejar Target RPJMD, Pembangunan Puskesmas dan Rumah Sakit di Tangsel Dikebut

Plt Kepala Dinkes Tangsel Deden Deni. (Ist)

TANGSEL – Untuk memenuhi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), terus kejar target membangun puskesmas dan rumah sakit (RS).

Plt Kepala Dinkes Tangsel, Deden Deni mengatakan terdapat dua puskesmas di Serpong Utara dan Pondok Betung, Pondok Aren, akan jadi rumah sakit.

Menurut Deden, nantinya bakal ada tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Serpong Utara, Pondok Betung, dan RSUD Tangsel.





“Puskesmas Pakulonan (Kecamatan Serpong Utara) dan Pondok Betung (Kecamatan Pondok Aren), akan menjadi rumah sakit. Sudah melebihi target RPJMD Ibu Walikota lebih awal. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Tangsel ada tiga nantinya,” terang Deden, Kamis (12/11/2020).

Target 35 puskemas dan 3 rumah sakit menjadi RPJMD Walikota Tangsel dalam melayani kesehatan masyarakat.

Sementara, sebanyak 31 puskesmas sudah terbangun. Untuk tahun in, Dinkes masih kejar target 2 puskesmas lagi. Sedangkan, tahun 2021 Dinkes akan kembali bangun 2 puskesmas lagi.

“Saat ini sudah 31 puskesmas sudah beroperasi. Target BLUD itu 10 puskesmas, namun sekarang sudah 15 puskesmas yang memenuhi standar BLUD. Tahun depan, total 29 puskesmas sudah memenuhi standar BLUD,” katanya.

Meski demikian, Deden Deni optimis, keberadaan 2 RS yang terletak di Pakulonan, Serpong Utara, dan di Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, awal tahun depan sudah dapat dioperasikan. Lantaran, sumber daya manusia serta peralatan RS tersebut telah siap. (Ihy/Red)