Beranda Kesehatan Kejar Target, Pemkab Pandeglang Bakal Gelar Serbuan Vaksinasi ke Tiap Desa

Kejar Target, Pemkab Pandeglang Bakal Gelar Serbuan Vaksinasi ke Tiap Desa

Rapat Koordinasi dengan Forkopimda, Para Camat, dan Kepala Puskesmas se Pandeglang - Foto istimewa

PANDEGLANG – Capaian vaksinasi Kabupaten Pandeglang terus merangkak naik dari 26% hingga saat ini menjadi 37,6 %. Setelah sebelumnya membuat kegiatan vaksinasi di 35 Kecamatan, kali ini Pemkab Pandeglang membentuk tim khusus di tingkat Kecamatan yang menyasar ke tiap Desa mendongkrak capaian vaksinasi.

“Ini harapan kita semua agar target vaksinasi tercapai, sehingga naik level 2 dan usaha masyarakat kembali normal,” ujar Bupati Pandeglang Irna Narulita pada saat Rapat Koordinasi dengan Forkopimda, Para Camat, dan Kepala Puskesmas se Pandeglang, di halaman belakang Pendopo.

Kata Irna, hingga akhir Desember 2021 kurang lebih ada waktu tersisa 6 minggu, dalam kurun waktu itu dia berharap dapat dimaksimalkan sehingga Pandeglang bisa mencapai angka 65%.

“Jika mau bergerak semua, insya Allah bisa mencapai 65% dalam 6 Minggu,” ucapnya melalui keterangannya, Minggu (14/11/2021).

Tim khusus yang dimakasud adalah, tiap kecamatan akan membentuk tiga tim yaitu tim satu Kecamatan ditambah Puskesmas, tim dua Koramil, dan tim tiga Polsek. “Dari tiga tim ini kami targetkan 450 orang setiap hari ditiap kecamatan,”ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, Raden Dewi Setiani mengatakan, mekanisme yang akan dilakukan oleh tiga tim yang dibentuk di seluruh kecamatan yaitu mereka akan terjun langsung ke lapangan dengan menentukan tempat sebagai lokasi pelayanan.

“Setiap tim akan mengatur jadwal dan tempatnya sendiri, karena mereka yang tau titik mana sasarannya banyak, yang terpenting setiap tim 150 orang jadi dalam satu hari akan tervaksin 450 orang di setiap Kecamatan,” tuturnya

Untuk mempercepat dalam pencapaian vaksinasi, dijelaskan Dewi, nakes tidak dibebankan untuk menginput data ke Pcare. “Yang input data semua dari tim Bina Wilayah (Binwil) yang dipusatkan di Pendopo Pandeglang, tugas nakes scrining, vaksinasi dan observasi,” ujarnya.

“Data hasil vaksinasi nanti setiap hari dijemput oleh petugas dari Binwil, untuk pendaftaran dan pengerahan masa akan dilakukan oleh Koramil dan Polsek,”sambungnya.

Dengan input data pada satu titik, target sasaran akan segera tercapai.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini