Beranda Komunitas Kegiatan Pelatihan Potensi SAR Water Rescue Resmi Ditutup

Kegiatan Pelatihan Potensi SAR Water Rescue Resmi Ditutup

Peserta kegiatan sedang melakukan pemanasan sebelum diberikan materi oleh instruktur.

PANDEGLANG – Badan SAR Nasional (Basarnas) Banten resmi menutup kegiatan latihan Water Rescue atau teknik pertolongan di permukaan air yang diselenggarakan selama 5 hari di Coconut Island Kecamatan Labuan.

Sebanyak 25 peserta yang terdiri dari personel TNI, Polri dan organisasi potensi SAR mengikuti penutupan pelatihan ini. Kegiatan ditutup langsung oleh Kepala Kantor SAR Banten M.Zaenal Arifin yang didampingi perwakilan dari Bappenas.

Kepala Kantor SAR Banten, M.Zaenal Arifin mengatakan, kegiatan pelatihan dilaksanakan sejak 15 hingga 20 Maret 2021 dilaksanakan di Coconut Island dengan materi teori kelas dan praktik di lapangan.

“Materi yang diberikan seperti pertolongan pertama yang meliputi pemeriksaan fisik, bantuan pernapasan, teknik memberikan pertolongan di air dari mulai korban panik hingga menyelamatkan korban. Terus pengetahuan tentang perahu karet, pengetahuan tentang motor tempel dan peserta diberikan pelatihan cara berenang yang baik,” jelasnya, Sabtu (20/3/2021).

Kata dia, kegiatan ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya setelah sebelumnya melakukan dua kegiatan pada tahun 2018 di daerah Carita, Kabupaten Pandegalang dan tahun 2019 di daerah Bayah, Kabupaten Lebak.

Zaenal mengucapkan banyak terima pada semua yang terlibat baik peserta, instruktur serta panitia sehingga cara tersebut mampu terselenggaranya dengan baik dan lancar.

“Diharapkan kedepannya peserta mampu melaksanakan pertolongan di air, baik kecelakaan laut maupun sungai. Kami berharap setelah kegiatan ini kita tetap terus bersinergi dan terkoordinir,” ucapnya. (Med/Red)