Beranda Peristiwa Kecamatan Jombang Bertekad Pertahankan Juara Umum MTQ Cilegon

Kecamatan Jombang Bertekad Pertahankan Juara Umum MTQ Cilegon

Seleksi Tilawatil Qur'an Kecamatan Jombang. kota Cilegon. (Maulana/bantennews)

CILEGON – Kecamatan Jombang berkomitmen mempertahankan gelar juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXIII 2024 tingkat Kota Cilegon mendatang. Hal itu terlihat dari proses seleksi yang dilakukan lebih dulu dari 7 kecamatan lainnya.

Sebelumnya, pada MTQ ke-XXII 2023 tingkat Kota Cilegon, Kecamatan Jombang didapuk sebagai juara umum setelah meraih 139 poin.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kecamatan Jombang, Rany Wigati Putri mengatakan proses seleksi yang digelar pada Senin (29/1/2024) di Aula Kecamatan Jombang itu meliputi 5 cabang perlombaan.

“Ada 5 cabang. Tahfdiz 1 juz tilawah, tilawah anak-anak, murottal atau tartil anak-anak, qiraatul kutub ula, dan qiraatul kutub wustho,” katanya.

Dalam tekadnya mempertahankan gelar tersebut di tahun 2024 ini, Rany mengungkapkan pihaknya melakukan proses seleksi yang sangat ketat.

“Strategi khusus seperti biasanya yaitu dengan mulai lebih selektif lagi dari tingkat kelurahan mana yang nilainya tinggi kita akan masukkan. Untuk juara 1 di seleksi ini akan kita lombakan dan yang gak juara ya mohon maaf,” ujarnya.

Seleksi MTQ tingkat Kecamatan Jombang untuk 5 cabang perlombaan itu diikuti oleh sekitar 50 peserta dari perwakilan setiap kelurahan dengan 14 dewan hakim dan panitera.

“14 dewan hakim plus dengan panitera atau pendampingnya. Ini benar-benar langsung dari tokoh agama dan masyarakat yang ada di Kecamatan Jombang yang punya kompetensi di masing-masing bidangnya,” ucap Rany.

(Mg-STT/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ