Beranda Peristiwa Kebocoran Gas Pabrik Es di Kota Tangerang, BPBD Sebut Sempat Ada Kobaran...

Kebocoran Gas Pabrik Es di Kota Tangerang, BPBD Sebut Sempat Ada Kobaran Api

Petugas BPBD Kota Tangerang saat melakukan penanganan kebocoran Gas di Pabrik Es, Kecamatan Karawaci - foto istimewa

TANGERANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang saat ini masih menangani kebocoran gas amonia dari pabrik es di Koang Jaya, Karawaci, Kota Tangerang, Selasa (6/2/2024).

Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan menjelaskan, bahwa peristiwa kebocoran gas tersebut terjadi pukul 04.15 WIB. Setelah mendapatkan laporan, pihaknya langsung menunu ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman api dan sterilisasi area dan berhasil ditangani hingga pukul 05.30 WIB.

“Sempat ada api, tapi memang tidak ada ledakan. Pasca api padam, petugas fokus dengan sterilisasi area dari kebocoran gas tersebut. Petugas lainnya pun fokus pada evakuasi pada warga terdampak,” jelas Maryono dalam keterangannya.

Kata Maryono, hingga saat ini petugas masih melakukan sterilisasi di area pabrik dengan metode spray. Terhitung, sekitar enam armada dan 30 personel BPBD Kota Tangerang telah dikerahkan.

“Metode pendinginan gas dengan kebakaran api pasti berbeda. Saat ini, yang dilakukan petugas yaitu penyemprotan yang berlangsung dari bawah ke atas, seperti air mancur,” jelasnya.

Proses pendinginan masih akan terus dilakukan sambil berkoordinasi dengan pihak-pihak berwajib lainnya, hingga dinyatakan atau dipastikan dampak pada gas sudah dinyatakan bersih.

“Selanjutnya, jika sterilisasi pabrik sudah dipastikan benar-benar bersih, BPBD Kota Tangerang juga akan menyisir jalan-jalan dan pemukiman sekitar untuk melakukan sterilisasi yang serupa. Berupaya memastikan seluruh area bersih dari sebaran gas amonia,” imbuh Maryono.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini