Beranda Kesehatan Kebiasaan Minum Tepat Setelah Makan Ternyata Bahaya Bagi Kesehatan

Kebiasaan Minum Tepat Setelah Makan Ternyata Bahaya Bagi Kesehatan

Ilustrasi - foto istimewa Nakita.id

Minum air setelah makan sudah jadi kebiasaan yang enggak pernah lepas dari manusia. Namun hal satu ini jadi perdebatan para ahli lho. Bahkan, pendapat yang mereka keluarkan juga berbeda-beda.

Ada yang menganggap waktu terbaiknya adalah sebelum makan. Ada juga yang saat atau sesudah makan. Semua masih menjadi kontra, namun tetap saja kita sebagai manusia tetap pada prinsip. Apalagi kalau bukan minum setelah makan yang sudah jadi kebiasaan setiap hari. Lalu bagaimana ya tanggapan para ahli tentang minum air tepat setelah makan?

Ahli nutrisi yang berasal dari California menyebutkan kalau minum air putih setelah makan bisa memperburuk gastroesophageal reflux disease  atau yang biasa kita sebut dengan naiknya asam lambung. Nah, menurutnya hal ini bisa membuat kita merasakan kembung, perut tak nyaman dan juga gangguan pencernaan. Ini disebabkan air putih yang masuk ke dalam perut bersamaan dengan makanan bisa mengubah tingkat keasaman lambung dan memperlambat jalannya pencernaan.

Hal ini pun juga disetujui oleh Dr. Anjo Sood selaku dokter gizi dan ahli nutrisi asal Amerika Serikat. Ia mengatakan jika makanan bisa dicerna dengan baik dalam waktu dua jam. Sehingga jika ada air yang masuk ke dalam perut, maka akan merusak jalannya sistem pencernaan. Lalu minum setelah makan dapat mengencerkan enzim yang penting dalam pencernaan. Hal ini ditanggapi oleh sekresi yang lebih rendah dari enzim pencernaan yang dapat menyebabkan mulas pada perut.

Begitupun juga dengan ahli gizi dari India yang bernama Deepshikha Agarwal. Dilansir dari Times of India kalau minum air putih tepat sesudah makan suapan terakhir itu tidak dianjurkan. Alasannya pun juga sama dengan kedua ahli nutrisi di atas. Adalah air putih akan menghilangkan asam dan enzim yang diperlukan oleh tubuh. Jadi meneguk air putih tepat setelah makan bisa merugikan kesehatan Sahabat Boombastis.

Dari ketiga pendapat yang dikemukakan oleh para ahli, dapat kita simpulkan kalau minum air putih setelah makan sebenarnya boleh saja. Akan tetapi, kita minum air berjarak 30 sampai 45 menit setelah makan supaya sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Nah, demi menghindari kebiasaan minum tepat setelah makan, ada cara yang dapat kita lakukan Sahabat Boombastis. Menurut Dr. Anjo Sood, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan tinggi garam yang bisa meningkatkan rasa haus. Lalu hindari juga makan terburu-buru agar tenggorokan tidak seret dan membutuhkan air untuk mendorong makanan ke lambung. (Red)

Sumber: Boombastis

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini