Beranda Kesehatan Kebiasaan Ini Bisa Cegah Penyakit Stroke

Kebiasaan Ini Bisa Cegah Penyakit Stroke

Ilustrasi - foto istimewa Pos Kota

Bukan hanya pada usia lansia, generasi milenial juga rentan terkena stroke. Hal ini disebabkan ada berbagai faktor risiko stroke yang lekat dengan pola hidup masa kini. Mulai dari makanan tidak sehat, kurang gerak, hingga jarang lakukan medical check up.

Untuk mencegahnya, ada 5 kebiasaan yang dikutip dari detik.com ini bisa dilakukan mulai sekarang.

1. Tidak merokok

Perlu diketahui, perokok dua kali lipat lebih berisiko terkena stroke. Ini karena kandungan nikotin dalam rokok yang berbahaya bagi jantung.

Merokok juga bisa membuat darah lebih kental sehingga menyebabkan penimbunan plak di dalam pembuluh darah. Akhirnya aliran darah dan oksigen ke otak terhambat, dan berujung stroke.

2. Banyak bergerak dan olahraga

Jika kamu banyak bergerak dan olahraga, tingkat kolesterol dan tekanan darah akan menurun. Diketahui, kolesterol dan tekanan darah yang tinggi bisa dengan mudah memicu penyakit stroke. Cara simpelnya, bisa dengan banyak jalan kaki, bersepeda, dan juga naik turun tangga.

3. Banyak makan sayur

Banyak makan sayur ternyata juga bisa mengurangi risiko berbagai macam penyakit berbahaya, seperti stroke, diabetes, obesitas, kolesterol, hingga hipertensi. Kurangi makan makanan kekinian yang tinggi lemak, kolesterol, dan garam.

Yuk mulai rajin makan sayur.

4. Jaga berat badan

Salah satu faktor penyebab stroke itu adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Untuk mencegahnya terjadi, jaga berat badan yang ideal dan sesuai dengan diri masing-masing. Jangan lupa jaga asupan dan rajin olahraga ya.

5. Rutin mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat meningkatkan risiko stroke. Agar bisa terhindar dari penyakit ini, kamu harus mulai kurangi asupan garam, lemak, dan rutin kontrol tekanan darah ke dokter.

Akan lebih bagus lagi jika kamu juga rutin melakukan medical check up, agar kondisi tubuh bisa diketahui secara jelas.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini