Beranda Gaya Hidup Kebiasaan Buruk yang Menjatuhkan Rasa Percaya Kamu

Kebiasaan Buruk yang Menjatuhkan Rasa Percaya Kamu

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Dibalik rasa tidak percaya diri ternyata ada faktor-faktor yang menjadi pengaruhnya, termasuk kebiasaan sederhana yang biasa kamu lakukan.

Ketika kamu dengan intens melakukan kebiasaan buruk tersebut, maka rasa percaya diri makin lama makin terkikis.

Apa saja kebiasaan buruk yang bisa menurunkan rasa percaya dirimu?

1. Merasa khawatir dengan ketidaksempurnaan yang ada di dirimu

Khawatir akan ketidaksempurnaaan yang ada pada diri sendiri sering kali terjadi. Merasa kurang cantik, kurang tampan, kurang tinggi, kurang putih, kurang menarik, kurang rupawan dan kekurangan yang lainnya. Namun, logikanya memang tidak ada yang sempurna di dunia ini. Jadi buat kamu yang merasa tidak percaya diri dan khawatir akan ketidaksempurnaanmu seperti nya itu tidak perlu.

Mungkin memang mudah untuk diucapkan dan sulit dilakukan. Namun, ingatlah bahwa apapun yang diberikan Tuhan padamu adalah hal yang terbaik. Syukuri atas apa yang Tuhan selalu berikan. Karena dengan bersyukur kamu akan merasa ketidaksempurnaaanmu itu menjadi sempurna

2. Sibuk membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain

Gimana mau percaya diri jika sibuk melihat orang lain? Buat kamu yang terlalu sibuk membandingkan dirimu dengan orang lain, lebih baik hentikan sekarang. Nggak ada gunanya! Orang lain biarkanlah menjadi orang lain. Namun dirimu harus menjadi dirimu sendiri.

Ketika kamu sibuk melihat orang lain dan membandingkannya dengan kehidupanmu, maka kamu juga akan memiliki perspektif yang negatif. Apa manfaatnya? Tidak ada sama sekali. Jadi hentikan jika kamu ingin menaikkan rasa percaya dirimu.

3. Merendahkan dirimu sendiri ketika percakapan berlangsung

Merendahkan orang lain itu tidak boleh. Sama halnya dengan merendahkan dirimu sendiri. Rendah hati dan rendah diri itu beda ya. Jika kamu rendah hati maka pribadimu itu akan menyenangkan dan dianggap baik oleh orang lain. Rendah hati artinya kamu tidak sungkan untuk membagi ilmu-ilmu atau hal lainnya yang kamu miliki pada siapa pun.

Dan bagaimana dengan rendah diri? Ketika kamu sedang melakukan percakapan dengan orang lain, kamu sibuk mengulas kelemahan yang ada di dirimu. Kamu terus saja menyalahkan atau berpikiran kamu bukan siapa-siapa. Sejujurnya jika ada orang yang seperti itu layaknya ia mengemis perhatian yang membuat lawan bicara tidak memiliki respect sama sekali.

4. Lebih sering melihat hambatan daripada kesempatan

Ketika kamu sedang berhadapan dengan sesuatu yang menurutmu adalah sebuah hambatan mungkin kamu akan melihatnya itu adalah sesuatu yang menyusahkan. Jarang orang akan melihat celah kesempatan ditiap-tiap hambatan tersebut.

Dan pertanda jika kamu sulit percaya diri adalah kamu terlalu memikirkan hambatan tersebut. Kamu sibuk memikirkannya sampai kamu abai jika ada kesempatan di situ. Jatuhnya kamu tidak memiliki kepercayaan diri dalam melakukan sesuatu dan lebih sering mengeluh atas apa yang terjadi denganmu .

5. Berpikir bahwa tidak ada yang bisa melakukan sebaik dirimu

Contoh sederhananya adalah jika kamu harus bekerja secara kelompok bukan individu. Ketika kamu lebih terbiasa bekerja secara individu dan bisa meng-handle segala urusan, kamu akan sedikit kesulitan jika harus berkerjasama dengan orang lain. Dan di bisa saja kamu menganggap kamu bisa melakukan semuanya tanpa mereka.

Namun, beranggapan tidak ada yang bisa melakukan sebaik kamu juga keliru. Bisa saja kamu salah dan justru kamu sangat membutuhkan mereka. Jika hal tersebut terjadi, pastinya ada rasa malu dan sungkan darimu untuk kembali berpapasan dengan orang tersebut dan itu menurunkan rasa percaya dirimu.

6. Terlalu khawatir dengan masa depanmu

Memiliki plan akan masa depan itu sangat bagus. Kamu akan menjadi pribadi yang jauh lebih prepare dan berpikir ke depan. Namun, ada kemungkinan bahwa kamu juga akan merasa khawatir. Bagaimana jadinya jika apa yang yang kamu rencanakan meleset?

Khawatir jangan, antisipasi jauh lebih baik. Jika kamu merasa khawatir segera hilangkan rasa itu. Baiknya kamu antisipasi saja dari sekarang, karena jika kamu terlalu khawatir justru kamu menekan rasa percaya diri hingga ke bawah dan itu membuatmu jadi takut dalam melakukan sesuatu.

7. Sibuk mencari orang yang harus setuju dengan pendapatmu

Jika kamu mencari seseorang yang harus sependapat denganmu di setiap saatnya rasanya mustahil. Karena setiap orang memiliki pendapat dan pemikirannya masing-masing.

Perilaku seperti ini bisa membuat kamu jadi minder. Itulah beberapa perilaku yang secara tidak sadar bisa membuat rasa percaya dirimu menghilang. Maka, jangan dijadikan kebiasaan ya! (Red)

Sumber : IDN Times

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini