Beranda Nasional Keberagaman Indonesia Harus Terus Dijaga dan Dirawat

Keberagaman Indonesia Harus Terus Dijaga dan Dirawat

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin - foto istimewa

SERANG – Pada acara Perayaan Paskah Lintas Umat Beragama Tahun 2021 bersama dengan Persekutuan Gereja-Gereja di Tanah Papua dan Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB), Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa keberagaman yang ada di Indonesia telah diakomodasi sejak lama oleh para pendiri bangsa melalui kesepakatan nasional.

“Untuk itu, seluruh masyarakat wajib menjaga dan merawat kesepakatan tersebut. Salah satunya dengan mengimplementasikan Empat Bingkai Kerukunan,” ujarnya dikutip melalui media sosial resminya, Jumat (2/3/2021).

Pertama, bingkai teologis, yaitu dengan menumbuhkan pemahaman teologi kerukunan. Kedua, bingkai politik, dengan mengedepankan Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika. Ketiga, bingkai sosiologis yaitu dengan mengedepankan pendekatan kultural dan kearifan lokal. Keempat, bingkai yuridis, yaitu dengan senantiasa patuh dan taat pada seluruh peraturan undang-undang yang berlaku.

“Saya berpesan agar peran Persekutuan Gereja-Gereja di Tanah Papua dan FKUB dapat terus ditingkatkan, khususnya untuk pembangunan di Tanah Papua dan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya,” katanya.

Dalam kaitan ini, secara khusus saya meminta dukungan saudara-saudara untuk membantu implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangungan Kesejahteraan Masyarakat di Papua dan Papua Barat, agar dapat berjalan sesuai harapan kita semua menuju Papua yang sejahtera, maju, aman, dan damai.

“Semoga seluruh umat Kristiani makin maju dan kuat dalam kebersamaan dengan semua elemen bangsa dalam menjaga persatuan dan memajukan pembangunan bagi kemaslahatan bangsa dan negara, khususnya dalam membangun kesejahteraan di Tanah Papua,” imbuhnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini