Beranda Kesehatan Kebanyakan Tidur, Waspada dengan 6 Masalah Kesehatan Ini

Kebanyakan Tidur, Waspada dengan 6 Masalah Kesehatan Ini

Ilustrasi - foto istimewa harapanrakyat.com

Banyak orang yang tidak tahu tentang efek berbahaya kebanyakan tidur.

Tidak hanya kurang tidur, kebanyakan tidurjuga dapat memicu berbagai penyakit.

Berikut 6 masalah kesehatan yang muncul karena kebanyakan tidur:





1. Penambahan berat badan

Studi yang berbeda menunjukkan bahwa waktu tidur yang pendek dan panjang berhubungan dengan diabetes dan obesitas.

Fakta ini tidak begitu jelas, tetapi dokter mengklaim bahwa kita bergerak lebih dari yang seharusnya, itulah mengapa bertambah berat badan.

Bangun sangat terlambat dan tidak punya waktu untuk aktivitas fisik.

2. Gangguan depresi

Orang yang menderita gangguan depresi juga mengalami gangguan tidur.

Terkadang, dalam beberapa kasus gangguan depresi, orang tidur lebih dari biasanya.

Ini karena tidur panjang menyebabkan kelelahan. Tidur lebih lama dan tidak ingin meninggalkan tempat tidur di pagi hari. Ini membuat anda tidak bersemangat dan gejala ini menyebabkan depresi.

3. Penyakit jantung

Jika tidur terlalu lama, anda tidak hanya kehilangan waktu berharga, tetapi juga dapat menderita penyakit jantung.

Saat ini, masalah jantung adalah salah satu penyebab kematian yang paling umum dan tidur lebih dari 8 jam semalam meningkatkan kemungkinan kematian akibat serangan jantung sebesar 34%.

Terlebih lagi, penelitian membuktikan bahwa perempuan lebih mungkin tidur lebih lama daripada laki-laki.

Itulah sebabnya mereka harus mengingat bahwa ada hubungan erat antara tidur berlebihan dan penyakit jantung.

4. Sakit kepala

Kurang tidur menyebabkan sakit kepala, tetapi itu juga terjadi ketika tidur terlalu lama.

Anda tidak boleh tidur terlalu lama bahkan selama akhir pekan dan hari libur.

Kalau tidak, ands bisa bangun dengan sakit kepala yang parah.

Ini karena tidur berlebihan memengaruhi neurotransmitter di otak dan tingkat serotonin.

5. Masalah memori

Menurut sebuah penelitian, tidur lebih lama memengaruhi kinerja otak. Terlebih lagi jika anda biasanya bangun di malam hari. Anda tidak mungkin mendapatkan tidur nyenyak.

Ini akhirnya memengaruhi fungsi kognitif otak dan kemampuannya untuk berkonsentrasi dan mengingat detail.

6. Insomnia

Mungkin terdengar mengejutkan, tetapi kadang-kadang insomnia disebabkan oleh kebiasaan yang tidak sehat bersama dengan aktivitas dan tidur.

Misalnya jika anda bergadang di depan komputer dan memutuskan untuk tidur lebih lama keesokan harinya, anda dapat mengalami insomnia. (Red)

Sumber : Nakita.id