Beranda Peristiwa Kebakaran Lahan Marak Terjadi Saat Musim Kemarau, Kenali Penyebabnya

Kebakaran Lahan Marak Terjadi Saat Musim Kemarau, Kenali Penyebabnya

Kebakaran Lahan di Kota Serang

SERANG – Kebakaran lahan terbuka kerap terjadi di musim kemarau. Berbagai faktor mendasari terjadinya peristiwa yang menghanguskan ilalang hingga hutan tersebut.

Faktor kelalaian manusia masih menjadi hal yang utama dalam penyebab kebakaran yang terjadi di sejumlah lahan terbuka. Namun, di sisi lain ada faktor lainnya seperti yang dilansir dari Suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

1. Kelalaian Manusia

Kelalaian manusia menjadi faktor utama dalam peristiwa kebakaran lahan maupun hutan. Hal tersebut bisa terjadi dari masyarakat yang sengaja membakar sampah dan membuang putung rokok sembarangan.

2. Petir

Petir berpotensi bisa menjadi penyebab kebakaran lahan pada musim kemarau. Sifat petir cenderung menyambar tempat terbuka atau objek yang lebih tinggi dari daratan seperti pepohonan lalu merembet ke rerumputan yang kering dan mudah terbakar.

3. Korsleting Listrik

Hubungan arus pendek atau korsleting bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.

4. Aktivitas Vulkanik

Berbagai aktivitas vulkanik seperti letusan gunung berapi bisa menyebabkan kebakaran lahan pada musim kemarau.Hal ini terjadi ketika material vulkanik yang panas jatuh di daerah yang kering dan mudah terbakar.

5. Sengaja Dibakar

Terkadang, kebakaran lahan pada musim kemarau disebabkan oleh tindakan sengaja dibakar oleh pihak-pihak tertentu untuk suatu tujuan, seperti pembukaan lahan untuk pertanian atau perkebunan.

(Red)

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini