Beranda Pemerintahan KB Dinilai Bisa Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Kabupaten Tangerang

KB Dinilai Bisa Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Kabupaten Tangerang

Foto istimewa

KAB. TANGERANG – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Tangerang memaksimalkan keberadaan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di wilayah Kabupaten Tangerang. Hal tersebut bertujuan untuk lebih meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya di masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Kampung KB ini selain bisa mengentaskan kemiskinan, juga dapat mendekatkan pembangunan kepada masyarakat. Intinya, program ini melibatkan semua sektor pembangunan,” ujar Sekertaris DPPKB Kabupaten Tangerang, Achmad Kasori. Minggu (16/01/2021).

Dia menjelaskan, Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat desa dengan kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program Pembangunan Keluarga, kependudukan dan Keluarga Berencana serta pembangunan sektor terkait dalam upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat.

Selain itu, menurut Achmad, keberadaan Kampung KB bukan hanya berbicara tentang persoalan membatasi ledakan penduduk. Akan tetapi juga dapat dipergunakan untuk memberdayakan potensi masyarakat, agar nantinya masyarakat dapat berperan secara nyata dalam proses pembangunan khususnya di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Sejauh ini, keberadaan Kampung KB sudah dikatakan cukup baik dari tahun ke tahun, hal ini bisa dilihat dari beberapa penghargaan yang sudah di raih oleh Kampung KB ini,” ucapnya melalui keterangan tertulis.

Kendati demikian, Ia berharap kepada seluruh Dinas terkait yang ada di Kabupaten Tangerang khususnya yang ikut kedalam program Kampung KB ini, diharapkan dapat lebih bersinegritas kedepannya. Agar nantinya keberadaan Kampung KB ini dapat lebih baik untuk kedepannya.

“Meski sudah dikatakan cukup baik (Kampung KB), memang masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, seperti sinergitas antar lintas sektor, penguatan landasan hukum dan juga dari segi pembentukan pokja Kampung KB itu sendiri. Semoga untuk kedepannya kami dapat lebih baik lagi,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Kabupaten Tangerang memiliki sebanyak 94 Kampung KB yang tersebar di 29 Kecamatan di Kabupaten Tangerang. Selain itu, keberadaan Kampung KB ini juga sudah meraih beberapa prestasi baik di tingkat Provinsi maupun Nasional. Seperti, Juara IV Tingkat Nasional tahun 2019 , Juara I P2WKSS Tingkat Provinsi Banten tahun 2019, dan Juara I P2WKSS tingkat Provinsi Banten pada tahun 2021.

(Ril/Red)