Beranda Kesehatan Kasus Harian Covid-19 di DKI, Banten dan Bali Tinggu, Menkes: Perketat Prokes!

Kasus Harian Covid-19 di DKI, Banten dan Bali Tinggu, Menkes: Perketat Prokes!

Ilustrasi - foto istimewa Tribunnews.com

JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa DKI Jakarta, Banten dan Bali menjadi provinsi yang kasus harian Covid-19 nya melebih puncak jumlah kasus saat gelombang Delta. Salah satu cara yang harus dilakukan masyarakat saat ini ialah dengan memperketat protokol kesehatan.

Budi menjelaskan untuk kasus harian di DKI Jakarta mencapai 15.800 di mana sebelumnya puncak tertinggi kasus pada gelombang Delta itu sebanyak 14.600. Sementara untuk Banten kasus hariannya mencapai 4.800 dan pada saat gelombang Delta itu kasusnya paling tinggi ialah 3.900.

“Provinsi Bali yang jumlah kasusnya sudah 2.000 sedangkan tertinggi di gelombang Delta 1.900,” jelas Budi saat konferensi pers yang disiarkan langsung melalui saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (7/2/2022).

Akan tetapi, Budi menyebut meskipun jumlah kasus harian saat ini lebih tinggi ketimbang pada saat gelombang Delta, pasien yang dirawat di rumah sakit maupun kasus meninggal dunia masih rendah. Ia menyebut pasien yang dirawat di rumah sakit pada tiga provinsi tersebut masih kisaran 30 sampai 50 persen.

Dengan demikian, Budi meminta masyarakat untuk tidak perlu panik. Karena meskipun jumlah kasusnya tinggi, namun yang terpenting ialah pasien yang dirawat dan kasus meninggal dunia masih terkendali.

Kemudian tindak lanjut dari tingginya kasus harian di Jakarta, Banten dan Bali itu ialah memperketat prokes. Masyarakat diminta untuk lebih disiplin mengenakan masker maupun mengurangi mobilitas.

“Yang penting untuk provinsi-provinsi yang lagi naik, ya sudah kita perketat prokes, pakai masker dan membatasi mobilitas.” (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini