Beranda Kesehatan Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak Ditemukan Dinkes Kota Tangsel

Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak Ditemukan Dinkes Kota Tangsel

Ilustrasi rumah sakit. (Google.com)

TANGSEL – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melaporkan terkait adanya penemuan satu kasus gagal ginjal akut progresif atipikal (GdGAPA) atau Atypical Progressive Acute Kidney Injury (AKI) pada anak dari daerah tersebut.

“Betul, kami telah menerima laporan dari RSCM Jakarta, bahwa ada seorang anak dari Tangerang Selatan, terkonfirmasi menderita Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GgGAPA) atau Atypical Progressive Acute Kidney Injury (AKI), pada Sabtu 10 September 2022,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Alin Hendarlin melalui keterangan tertulis yang dikutip Suara.com (jaringan BantenNews.co.id) dari Antara, Minggu (23/10/2022).

Penemuan kasus gagal ginjal akut itu, kata Alin, bermula dari penyelidikan epidemiologi kepada satu pasien laki-laki berusia 5 tahun yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas.

Anak itu kemudian ditemukan memiliki gejala seperti demam, diare, kehilangan nafsu makan, sakit perut dan tes urin yang menunjukkan gagal ginjal akut berdasarkan atas hasil pemeriksaan.

“Awalnya orang tua membawa berobat ke klinik, tetapi dikarenakan kondisinya tidak membaik, kemudian mereka pergi ke rumah sakit di Kota Tangsel dan dirujuk ke RSCM,” ujar Alin.

Ia juga mengatakan, dalam perawatan sejak 10 September hingga saat ini, pasien anak tersebut telah rutin dipantau. Dari seminggu sekali hingga setiap dua minggu hingga sebulan sekali.

“Dan saat ini kontrol tiga bulan sekali. Pemeriksaan terakhir tanggal 18 Agustus 2022 dan saat ini kondisi pasien baik, tidak ada keluhan dan sudah beraktivitas seperti biasa,” terang Alin.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini