Beranda Kesehatan Kasus Covid-19 di Eropa Meningkat Tajam

Kasus Covid-19 di Eropa Meningkat Tajam

Ilustrasi - foto istimewa Tribunnews.com

JAKARTA – Kasus Covid-19 di Eropa saat ini meningkat sangat tajam. Bahkan, sejumlah wilayah kembali menerapkan lockdown.

Austria salah satunya kembali menerapkan karantina nasional atau lockdown.

Warga Austria diminta untuk bekerja dari rumah dan toko-toko yang tidak penting untuk ditutup.

Jerman bahkan mengeluarkan peringatan keras kepada warganya agar segera divaksin saat tingkat infeksi Covid di gelombang keempat terus bertambah.

Pembatasan-pembatasan baru telah memicu protes di seluruh Eropa. Terjadi bentrokan massa pemrotes dengan polisi di Belanda dan Belgia.

Tingkat infeksi telah meningkat tajam di benua itu, sehingga memicu peringatan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menyadur dari BBC News -jaringan Suara.com, pada hari Sabtu (21/11/2021), direktur regional WHO Dr Hans Kluge mengatakan bahwa setengah juta kematian bisa terjadi pada musim semi tahun depan.

Kecuali, langkah pengendalian lebih diperketat lagi di seluruh Eropa – seperti vaksinasi, memakai masker dan penerapan syarat sertifikasi vaksin covid di tempat-tempat umum.

Pekan lalu Austria menjadi negara Eropa pertama yang menjadikan vaksinasi Covid sebagai persyaratan hukum. Undang-undang tersebut akan mulai berlaku pada Februari tahun depan.

Mereka yang tidak divaksinasi sudah dilarang mengunjungi restoran, penata rambut, dan bioskop. Sekarang, mereka dipaksa tinggal di rumah.

Menteri Kesehatan Jerman bahkan telah mengeluarkan peringatan paling keras tentang pentingnya mendapatkan vaksin covid.

“Pada akhir musim dingin ini semua orang di Jerman akan divaksinasi, sembuh atau mati,” kata Menkes Jens Spahn dalam konferensi pers di Berlin. (Red)