Beranda Kesehatan Kasus Covid-19 Alami Peningkatan, MUI: Kegiatan Ibadah Tetap Gunakan Prokes

Kasus Covid-19 Alami Peningkatan, MUI: Kegiatan Ibadah Tetap Gunakan Prokes

Ketua MUI Banten, AM Romly. (Foto : Gilang)

SERANG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten mengimbau umat Islam selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam setiap kegiatan ibadah. Hal itu menanggapi naiknya kasus Covid-19 di Provinsi Banten.

Ketua MUI Provinsi Banten, AM. Romly mengatakan, mengikuti perkembangan keadaan di Provinsi Banten dengan seksama, penyebaran Covid-19 dengan berbagai variannya semakin mewabah. Terkait hal itu, MUI Banten bersama MUI kabupaten/kota mendukung kebijakan Gubernur Banten, sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Banten Nomor: 800/1307-BKD/2021 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dan Batasan Bepergian ke Luar Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“MUI Kabupaten dan Kota serta MUI Kecamatan se-Provinsi Banten agar terus memberikan bimbingan kepada umat Islam dalam pelaksanaan ibadah di masjid dan musala sesuai fatwa MUI dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) sesuai tingkatannya,” kata Romly, Kamis (24/6/2021).

Lebih lanjut, Romly mengungkapkan,
MUI di berbagai tingkatan dan para ulama serta tokoh masyarakat akan terus melakukan koordinasi dan kerja sama dengan Pemerintah untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19 serta mengatasi dampak sosialnya.

“Mengimbau kepada para ulama dan tokoh masyarakat Banten untuk terus memberikan pencerahan serta bimbingan kepada umat Islam agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan tidak ragu megikuti program vaksinasi baik yang dilaksanakan oleh Pemerintah maupun lembaga lain,” katanya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk selalu berdoa  kepada Allah SWT secara ikhlas dan khusyuk agar negara dan bangsa kita dibebaskan dari pandemi Covid-19 yang sedang melanda tanah air, dengan melaksanakan qunut nazilah setiap waktu salat dan memperbanyak dzikir.

“Kami juga mendukung Bupati dan Walikota untuk terus menyelenggarakan vaksinasi secara massal sebagai upaya memberikan perlindungan kepada masyarakat”.

Dalam situasi sulit sekarang ini diperlukan suasana yang kondusif untuk membangun semangat persaudaraan dan menggalang persatuan dalam menghentikan penyebaran wabah Covid-19 serta memulihkan kehidupan yang normal. Oleh karena itu mengimbau kepada semua kalangan agar melakukan langkah-langkah yang tepat untuk mempererat tali silaturahmi,” ujarnya. (Mir/Red)