Beranda Hukum Karyawan Alfamart Gasak Puluhan Juta untuk Top Up Saham

Karyawan Alfamart Gasak Puluhan Juta untuk Top Up Saham

Tersangka Juni, pembobol Alfamart. (Ist)
Tersangka Juni, pembobol Alfamart. (Ist)

SERANG – Sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya jatuh jua. Peribahasa tersebut rupanya cocok menggambarkan Juni (24), karyawan sekaligus pembobol Alfamart di Kelurahan Cigoong, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Banten.

Demi lancar bermain saham krypto dan memenuhi kebutuhan ekonomi, Juni nekat melakukan pencurian di tempatnya bekerja. Sebagai karyawan yang dipercaya atasan untuk memegang kunci toko, mudah bagi pria asal Kabupaten Pandeglang itu merencanakan aksinya.

Peristiwa pencurian itu pertama kali diketahui oleh Tusrini (30), kepala toko yang saat itu datang ke lokasi untuk membuka toko sekira pukul 06.15 WIB pada Selasa (6/6/2023).

Ketika memasuki area dalam toko, ia terkejut dikarenakan keadaan di dalam sudah tampak berantakan, atap gudang rusak dan brankas sudah terbuka serta kawat tertancap di lubang kunci lemari besi tersebut. Tak hanya itu, Tusrini juga tidak menemukan uang penjualan toko Rp80 juta, berbagai jenis rokok dan CDR CCTV.

Akhirnya sang kepala toko melaporkan kejadian itu ke Polsek Walantaka dan dilakukan olah TKP.

Olah TKP dilakukan dengan membawa saksi yaitu para karyawan toko Alfamart. Saat sedang dilakukan pemeriksaan, polisi menemukan beberapa bukti dari salah satu karyawan tersebut yakni Juni.

Dari Juni, ditemukan beberapa lembar bukti transaksi uang keluar. Usai dilakukan pendalaman, Juni mengaku jika transaksi itu adalah perbuatannya. Dia pun langsung digiring ke Unit Reskrim Polsek Walantaka.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Juni menyimpan uang tunai hasil pencuriannya senilai Rp56 juta di dalam karung yang dicampur dengan barang rongsokan. Karung itu disembunyikannya di rumah kontrakan temannya.

Polisi juga menemukan CDR CCTV milik Alfamart yang sudah dirusak oleh pelaku di tempat pembuangan sampah.

Kasat Reskrim Polresta Serang AKP Mochamad Nandar mengatakan, Juni memanfaatkan momen toko yang sepi yaitu saat kepala toko dan seluruh karyawan sudah pulang kerja.

“Aksinya dilakukan setelah karyawan semua pulang, kebetulan tersangka dipercaya memegang kunci toko, dia merekayasa semua yang terjadi di toko,” ujarnya kepada BantenNews.co.id ketika dikonfirmasi, Rabu (7/6/2023).

Nandar menyebutkan Juni nekat melakukan pencurian seorang diri dikarenakan untuk kebutuhan ekonomi dan top up saham krypto. “Motif ekonomi, sebagian uang digunakan top up saham semacam krypto,” katanya. (Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ