Beranda Peristiwa Karantina Cilegon Periksa Barang Bawaan Penumpang di Pelabuhan Merak

Karantina Cilegon Periksa Barang Bawaan Penumpang di Pelabuhan Merak

273
0
Petugas Karantina Pertanian Cilegon menggelar Operasi Patuh Simpatik Karantina di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak - foto istimewa

CILEGON – Karantina Pertanian Cilegon menggelar Operasi Patuh Simpatik Karantina di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Senin (13/5/2019) malam.

Operasi dimulai pukul 01.00 WIB, Petugas terbagi di tempat kedatangan maupun keberangkatan penumpang pada kedua lokasi terminal tersebut. Satu persatu bawaan penumpang yang berupa tas besar, kardus, karung dan kotak styerofoam diperiksa petugas.

Petugas karantina memastikan bahwa bawaan penumpang bukan media pembawa HPHK (hama dan penyakit hewan karantina) atau OPTK (organisme penggangu tumbuhan karantina) seperti ayam, kucing, burung, buah-buahan, tanaman dan lainnya.

Disamping itu, petugas melakukan pemeriksaan diatas kapal dan pemeriksaan kendaraan penumpang.

Beberapa buah seperti apel, pear dan anggur ditemukan petugas didalam kardus. Buah-buahan ini langsung disertifikasi oleh petugas setelah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan sehat.

Kepala Karantina Pertanian Cilegon, Raden Nurcahyo menyampaikan bahwa operasi patuh yang dilaksanakan berupa pre-emptif dan preventif yang sifatnya pembinaan dengan memberikan edukasi secara persuasif kepada pengguna jasa untuk lapor karantina.

“Berikanlah kesan ramah terhadap pengguna jasa sehingga mereka segan dan tidak ada terkesan menakutkan. Utamakan kelancaran dan kenyamanan penumpang dalam melakukan pemeriksaan media pembawa,” kata Raden kepada seluruh petugas.

Diharapkan melalui Operasi Patuh Simpatik Karantina, masyarakat semakin mengerti tentang karantina dan sadar untuk lapor karantina. (Man/Red)