Beranda Komunitas Karang Taruna Gali Potensi SDM Anggota di Bidang Wirausaha

Karang Taruna Gali Potensi SDM Anggota di Bidang Wirausaha

Konsolidasi pra rakerda pengurus Karang Taruna Banten. (Wahyu/bantennews)

SERANG – Karang Taruna Provinsi Banten menggelar silaturahmi sekaligus konsolidasi pra rapat kerja daerah (Rakerda) Bidang IV yang meliputi Industri, Kewirausahaan dan Perdagangan. Kegiatan berlangsung di Cafe Kebon Cau, Kota Serang, Jumat 15 Oktober 2021.

Wakil Ketua IV Karang Taruna Banten, Bidang Industri, Pariwisata dan Perdagangan Dadan Suryana menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai upaya memetakan potensi SDM anggota Karang Taruna Banten yang selama ini bergerak di bidang Industri, Kewirausahaan dan Perdagangan baik level UMKM hingga skala besar.

“Ini juga sebagai upaya memetakan peluang usaha potensial yg memungkinkan bisa ditangkap dan dikelola oleh anggota Karang Taruna,” ujar Dadan, Sabtu (16/10/2021).

Karang Taruna Banten, melalui Bidang IV, lanjut Dadan, berusaha menjadi akselerator dari sisi akses penunjang bagi kelancaran usaha para anggota Karang Taruna yang selama ini berprofesi sebagai pelaku usaha.

Dadan menyebutkan, Karang Taruna Bidang IV mencoba melakukan terobosan dan mencari solusi bagi anggota baik dari akses permodalan dengan perbankan, regulasi pemerintah, dukungan pemerintah, peningkatan kapasitas skil bisnis, suplai bahan baku, akses pasar, pola distribusi logistik dan sebagainya.

“Disamping itu, kami membukakan jaringan bisnis baik antar sesama anggota Karang Taruna atau dengan mitra yang relevan dengan kegiatan usaha mereka.”

Melalui Direktorat Pusat Inkubator Bisnis & Direktorar Taruna Wira Usaha (Tawira), pihaknya sedang berproses menciptakan ekosistem usaha yang dapat saling melengkapi dan saling menguntungkan antar anggota Karang Taruna.

Ari Muhammad, Direktur Pusat Inkubator Bisnis Karang Taruna Banten menyebut bahwa dalam kegiatan konsolidasi tersebut ide-ide dan gagasan dirangkum sebagai bahan program kerja resmi yang akan ditetapkan pada Rapat Kerja Daerah Karang Taruna.

“Insyaallah (Rakerda) akan kami gelar bulan depan, sesuai dengan arahan Ketua Karang Taruna Provinsi Banten Bung H. Andika Hazrumy,” ucapnya. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini