Beranda Hukum Kapolri dan Panglima TNI Tanam Mangrove di Pasisir Tangerang

Kapolri dan Panglima TNI Tanam Mangrove di Pasisir Tangerang

Kapolri Jenderal Idham Azis bersama Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto menanam bibit pohon mangrove di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten.

 

KAB TANGERANG – Kapolri Jenderal Idham Azis bersama Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto menanam bibit pohon mangrove di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten.

Bersama para pejabat utama TNI Polri dan Pemerintah Daerah sebanyak 30 ribu bibit mangrove ditanam di wilayah pesisir utara Tangerang tersebut, pada Jumat (21/2/2020).

Tak hanya Kapolri dan Panglima TNI, terpantau dalam pelaksanaan penanaman puluhan ribu batang bibit mangrove itu juga turut hadir Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edi Prabowo, Kepala BNPB Nasional Letjen Doni Monardo, Kapolda Banten Irjen Pol Agung Sabar Santoso, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumi serta Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Ada 3 varietas mangrove yang ditanam yakni 26.000 batang jenis rhizopora dan 4.000 jenis avicennia sp. Selain itu, juga turut disebar sekitar satu juta benih ikan diantaranya benih ikan Nila, Bandeng, dan udang.

Kapolri Jenderal Idham Azis menuturkan, jika penanaman mangrove di wilayah Mauk, Kabupaten Tangerang tersebut sebatas simbolis yang juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan total sebanyak 360 ribu batang bibit mangrove yang ditanam.

“Penanaman mangrove dan penebaran benih ikan sebenarnya sudah dilakukan secara berkala di seluruh Indonesia oleh jajaran TNI Polri, kementerian KKP, BNPB, masyarakat, serta pemda setempat,” kata Jendral Idam kepada awak media.

Lebih lanjut, tujuan dari penanaman mangrove itu adalah mengajak serta menghimbau masyarakat semua elemen perduli terhadap lingkungan. Baik itu penghijauan maupun penanaman mangrove ini merupakan tanggung jawab moral bersama untuk menyiapkan generasi muda yang lebih baik di masa yang akan datang.

“Nafas yang ingin kita tunjukan untuk mengajak seluruh komponen masyarakat maka marilah kita perduli terhadap lingkungan,” ujar Jendral Bintang Satu ini.

Bahwa kegiatan penanaman mangrove dan penebaran benih ikan yang dilakukan oleh TNI Polri, BNPB, dan kementerian KKP ini sudah dimulai sejak akhir tahun 2019 lalu.

“Kegiatannya ini akan kita gelorakan terus,” imbuhnya

Secara pribadi ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolri dan kapolda banten atas terselenggarakannya kegiatan tersebut dan berharap kegiatan ini bisa berkesinambungan dan masyarakat Mauk juga bisa ikut melestarikannya.

“Karena buat apa kita tanam kalau tidak dilestarikan hanya seremonial saja bukan itu tujuan kita. Kita menstimulus kegiatan ini bersama bapak panglima,” tandasnya.
(Tra/Ren/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini