Beranda Hukum Kapolres : Pemilu 2019 di Lebak Aman dan Lancar

Kapolres : Pemilu 2019 di Lebak Aman dan Lancar

121
0
Ilustrasi - foto istimewa tempo.co

SERANG – Kapolres Lebak AKBP Dani Arianto mengatakan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Lebak berlangsung aman, damai dan tertib, meski topografi di sejumlah daerah ini dikelilingi pegunungan dan perbukitan.

“Kita mengapresiasi pengamanan Pemilu 2019 lancar dan kondusif,” ujarnya, Sabtu (20/4/2019).

Pengamanan Pemilu di Kabupaten Lebak cukup maksimal dan melibatkan seluruh kekuatan personel dan juga mendapat bantuan dari pasukan Brimob Polda Banten.

Selain itu juga pengamanan Pemilu dibantu TNI dan petugas perlindungan masyarakat (Linmas).

Mereka petugas disebar di Tempat Pemungutan Suara (TPS),Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sejauh ini, kata dia, pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan lancar tanpa hambatan maupun kendala. Meski sejumlah wilayah Kabupaten Lebak dikelilingi pegunungan dan perbukitan, termasuk di pedalaman masyarakat Baduy.

Pelaksanaan Pemilu secara umum berlangsung aman, namun hanya empat TPS yang ditemukan permasalahan.

Kemungkinan empat TPS itu direkomendasikan oleh Bawaslu untuk dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

“Kami berharap hingga penetapan presiden, legislatif tingkat DPR, DPRD┬áprovinsi, DPRD┬ákabupaten dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) berjalan lancar dan aman,” katanya dikutip dari AntaraNews.com.

Pemuka adat Baduy yang juga Kepala Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Saija, mengatakan, secara umum pemilu di kawasan tanah hak ulayat Baduy berlangsung aman, tertib dan lancar.

Namun, beruntung cuaca di sini relatif normal dan tidak dilanda hujan dan angin kencang.
Karena itu pendistribusian logistik pemilu berjalan lancar hingga ke 27 TPS.

Mereka warga Baduy yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2019 tercatat 6.873 jiwa terdiri dari laki-laki 3.641 jiwa dan perempuan 3.232 jiwa dan tersebar di 27 TPS.

“Kami sebagai warga Baduy tentu menjamin pemilu berlangsung damai dan tertib,” katanya. (Red)