Beranda Hukum Kapolres Pandeglang Resmikan Kawasan Tertib Lalulintas

Kapolres Pandeglang Resmikan Kawasan Tertib Lalulintas

Kapolres Pandeglang, AKBP Sofwan Hermanto meresmikan Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) di pertigaan Sukarela, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Kapolres Pandeglang, AKBP Sofwan Hermanto meresmikan Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) di pertigaan Sukarela, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Rabu (1/7/2020).

Selain meresmikan Kawasan Tertib Lalulintas, di Hari Bhayangkara ini Polres Pandeglang juga memasang 20 patung Polwan yang ditempatkan di lokasi rawan kecelakaan dan lokasi-lokasi yang jauh dari kantor kepolisian mulai dari Perbatasan Serang-Pandeglang tepatnya di Gayam hingga Kecamatan Panimbang.

Kapolres menyampaikan, area yang ditetapkan sebagai KTL mulai dari pertigaan Sukarela hingga bundaran Alun-alun Pandeglang.

“Areanya dari Sukarela hingga alun-alun. cara kerjanya akan ada petugas di lokasi etiap saat dengan patroli, tujuannya untuk menunjukkan kehadiran bahwa polisi ini ada. Selain itu untuk memberikan edukasi masyarakat mana yang benar dan yang tidak benar,” katanya.

“Tujuannya untuk melakukan edukasi dan mengajak masyarakat hidup tertib dan disiplin, karena ukuran polisi apabila bisa mengubah masyarakat yang tidak tertib menjadi tertib begitu juga dengan yang tidak patuh hukum menjadi patuh hukum,” sambungnya.

Ia memberkan, sanksi yang akan diberikan pada masyarakat yang belum patuh berlalulintas yakni tidak akan diperkenankan melewati kawasan tersebut dan diperintahkan untuk memutar balik atau mencari jalur lain.

“Bagi yang belum mau tertib tidak akan diberikan tindakan tegas dengan tidak boleh lewat atau dengan cara memilih jalan lain. Sebab kalau kami langsung tilang takut membuat masyarakat kaget,” tegasnya.

Dirinya berharap, dengan diresmikannya kawasan itu bisa mengikis sedikit demi sedikit kebiasaan masyarakat yang belum patuh hukum bisa menjadi patuh hukum terutama saat berkendara.

“Harapannya agar tertib lalulintas, tertib berperilaku, tertib protokol kesehatan. Karena tidak mudah mengubah kebiasaan masyarakat apalagi yang sudah membudaya. Jadi kuncinya harus konsisten,” harapnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini