Beranda Kesehatan Kapolres Jadikan Operasi Zebra Sarana Sosialisasi Gerakan 3M

Kapolres Jadikan Operasi Zebra Sarana Sosialisasi Gerakan 3M

Satlantas Polres Pandeglang saat sosialisasi 3M. (Memed/bantennews.co.id)

PANDEGLANG – Kapolres Pandeglang, AKBP Hamam Wahyudi menjadikan operasi zebra tahun 2020 sebagai sarana mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan terutama gerakan Menggunakan Masker Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak (3 M).

Hal itu dibuktikan dengan kegiatan bagi-bagi masker, vitamin dan madu gratis pada pengendara di sekitar Pancaniti Alun-alun Pandeglang, Sabtu (31/10/2020).

Kata Kapolres, saat ini Polda Banten khususnya Polres Pandeglang sedang menggelar operasi zebra, dimana operasi zebra dititikberatkan pada penegakan hukum menjelang operasi lilin untuk pengaman natal dan tahun baru.

Namun karena pandemi Corona operasi yang awalnya dititikberatkan pada penegakan hukum berubah jadi operasi simpatik, dimana masyarakat diajak untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Dengan situasi saat ini mengalami pandemi Corona kami menggelar operasi zebra ini bersifat simpatik jadi tidak dititikberatkan pada penegakan hukum tapi kami ikut membantu meringankan beban masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan membagikan masker,” jelas Kapolres usai kegiatan.

Kapolres menilai secara umum sebagian masyarakat Pandeglang sudah tertib dalam mentaati peraturan pemerintah tentang protokol kesehatan khususnya penggunaan masker. Meski masih ada beberapa warga yang belum menggunakan masker.

“Namun ada sebagian kecil masyarakat tidak menggunakan masker, di situlah sasaran kami yang tidak menggunakan masker kami berikan masker. Hari ini ada 300 masker (yang dibagikan) ditambah lagi ada vitamin dan madu untuk membantu masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Pandeglang, AKP Riska Tri Arditia menambahkan ada 300 masker, vitamin dan madu yang dibagikan untuk masyarakat. Kata dia, tujuan dari kegiatan ini agar masyarakat sadar untuk menjaga kesehatan mereka.

“Tujuannya agar menumbuhkan kesadaran masyarakat mengikuti protokol kesehatan terutama menggunakan masker saat keluar rumah. Hal ini penting karena untuk kesehatan mereka,” tambahnya. (Med/Red/SG)