Beranda Pilkada Serentak 2020 Kapolda Beri Atensi Pengamanan Pilkada di Banten

Kapolda Beri Atensi Pengamanan Pilkada di Banten

956
0
Kapolda Banten Irjen Pol Agung Sabar Santoso. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Kapolda Banten Irjen Pol Agus Sabar Santoso mengaku akan memberikan perhatian khusus pada kabupaten/kota di Provinsi Banten yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Hal itu diungkapkan Kapolda pada sejumlah awak media usai menyerahkan puluhan kendaraan dinas di Halaman Mako Polres Pandeglang, Kamis (27/2/2020).

Kata dia, sesuai dengan instruksi Kapolri bahwa semua daerah akan sedang menyelenggarakan Pilkada harus aman dan tetap kondusif.



“Semua yang ada Pilkada kami jadikan perhatian khusus, bapak Kapolri sudah menyampaikan Pilkada harus aman, damai dan nyaman,” tegas Kapolda.

Ia juga memberikan imbauan pada semua anggotanya agar tetap bersikap netral dan tidak memihak pada salah satu calon yang ikut di Pilkada. Selain itu, pasukan tambahan dari Polda Banten juga akan diterjunkan untuk membantu pengamanan di daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada.

“Polisi harus netral tidak boleh kiri kanan, terkait situasi Polda Banten akan memberikan backup para Kapolres yang ada Pilkadanya,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya bahwa ada 2 kabupaten di Provinsi Banten yang angka Indeks Kerawanan Pemilunya cukup tinggi, kedua kabupaten itu yakni Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang.

“Untuk di tingkat Provinsi Banten, Kabupaten Pandeglang menjadi urutan kedua setelah Kabupaten Serang. Secara nasional Kabupaten Serang ada diperingkat ke 15 dan Kabupaten Pandeglang diurutan ke 27 dengan level V. Kabupaten Pandeglang masuk di level 5 dengan indeks kerawanan pemilu (IKP) 60,80. Artinya secara kerawanan ini masuk di level cukup tinggi,” tutur Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Pandeglang, Karsono. (Med/Red)