Beranda Hukum Kapolda Banten Sebut Tanggung Jawab Polisi Amankan Surat Suara

Kapolda Banten Sebut Tanggung Jawab Polisi Amankan Surat Suara

Kapolda Banten, Irjen Pol Abdul Karim.

CILEGON – Kapolda Banten, Irjen Pol Abdul Karim menyebut tanggung jawab polisi dalam rangkaian pelaksanaan Pemilu 2024 hanya mengamankan surat suara saja.

Hal itu ia utarakan usai menghadiri kegiatan pengumuman dan penyerahan pemenang lomba video kreatif Polda Banten dalam rangka menyambut Pemilu 2024 di Cilegon Center Mal (CCM), Senin (29/1/2024).

Dalam keterangannya, Abdul Karim membenarkan pendistribusian logistik untuk Pemilu 2024 sudah sampai di wilayah kabupaten/kota di Banten.

“Tentunya awal bulan itu kotak suara sudah mulai didistribusikan di PPK kecamatan dan kita sudah mempersiapkan personel untuk melakukan pengamanan di setiap pergeseran surat suara ya, surat suara, bukan alat yang lainnya. Kita cuma memiliki tanggungjawab untuk mengamankan surat suara. Kalau yang lainnya enggak,” katanya.

Untuk melakukan pengamanan terhadap surat suara Pemilu 2023 itu, Abdul Karim menyampaikan hal itu akan dilakukan oleh personelnya di Polres masing-masing kota dan kabupaten di Banten.

“Jadi kita sudah siapkan (personel-red). Jadi nanti akan dilakukan oleh setingkat Polres,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga, Abdul Karim mengimbau kepada masyarakat Banten agar tidak mudah terpengaruh oleh berita-berita yang tidak jelas kebenarannya.

Pasalnya, menurut Abdul Karim di setiap momentum mendekati pelaksanaan Pemilu biasanya banyak berita-berita yang tidak jelas kebenarannya dan berpotensi membuat gaduh situasi.

“Kita ketahui bersama semakin dekat Pemilu semakin banyak beredar. Tentunya kegiatan ini memberi dampak dalam mencegah pemberitaan hoax ke publik. Kalau di kita masih terkendali di tempat kita. Kalau berita seperti itu kan biasa setiap Pemilu pasti banyak,” ucapnya.

Ia berharap kepada seluruh masyarakat Banten untuk bersama-sama menjaga kondusifitas di lingkungannya masing-masing agar terciptanya Pemilu 2024 yang aman, nyaman, dan damai.

(Mg-STT/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini