Beranda Peristiwa Kapal Tongkang Patah, Ribuan Ton Clinker Cemari Laut Bayah Lebak

Kapal Tongkang Patah, Ribuan Ton Clinker Cemari Laut Bayah Lebak

Kapal tongkang yang patah di laut Bayah, Lebak, Banten. (Ist)

LEBAK – Sebuah kapal tongkang yang bermuatan bahan baku semen (Clinker) patah bagian tengahnya di Dermaga pabrik semen milik PT Cemindo Gemilang (CG) yang berlokasi Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, Senin (11/7/2022).

Informasi yang didapat, jika kapal tongkang tersebut, memuat sekitar 8.000 meter kubik Clinker, dan mengalami patah pada bagian tengah kapal usai melakukan pemuatan pada 11 Juli 2022 sekira pukul 04.20 WIB. Akibat kapal tongkang patah ribuan Clinker tumpah ke pesisir laut Bayah. Kapal tongkang dievakuasi untuk penyelamatan oleh assit tug TB Johan Jaya 130.

Kepala Wilayah Kerja Pelabuhan Bayah pada Kantor UPP Labuan, Muhamad Ace, membenarkan terjadinya insiden kapal tongkang patah di area Dermaga pabrik semen tersebut.

“Benar, saat ini kapal tongkang yang bermuatan Clinker sudah dievakuasi,” kata Ace saat dihubungi, Selasa (12/7/2022).

Ia menjelaskan, terkait pencemaran laut yang diakibatkan tumpahan Clinker ke pesisir Pantai Bayah tersebut, Ace mengaku akan segera melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kementerian KLHK.

“Soal tumpahan Clinker yang tumpah tersebut, kita akan lakukan koordinasi dengan Dinas LH dan Kementerian KLHK,” ucapnya. (San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ