Beranda Sosial Kantor Bahasa Banten Luncurkan Aplikasi Kamus Bahasa Jawa Dialek Banten

Kantor Bahasa Banten Luncurkan Aplikasi Kamus Bahasa Jawa Dialek Banten

Kepala Kantor Bahasa Banten Halimi Hadibrata. (Afifah/bantennews.co.id)

 

SERANG – Kantor Bahasa Banten memperkenalkan aplikasi Kamus Bahasa Jawa Dialek Banten berbasis web dan android. Aplikasi ini guna memelihara bahasa daerah yang terancam punah lantaran generasi saat ini lebih menggandrungi penggunaan bahasa gaul atau bahkan bahasa asing.

Peluncuran aplikasi Kamus Bahasa Jawa Dialek Banten dilakukan di halaman Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Serang, bersamaan dengan pelaksanaan apel pagi bulanan, Senin (7/9/2020). Aplikasi ini juga turut mendapat apresiasi Walikota Serang Syafrudin.
“Kesepakatan bersama pemanfaatan aplikasi Kamus Bahasa Jawa Dialek Banten ini merupakan sesuatu yang luar biasa,” kata Syafrudin usai peluncuran aplikasi kamus Bahasa Jawa Dialek Banten.

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Banten Halimi Hadibrata menuturkan, dalam kamus daring yang baru saja dirilis ini telah diinput sebanyak 350 kosakata. “Supaya menyadari pentingnya pemeliharaan bahasa daerah ini, hadirnya aplikasi ini diharapkan dapat melibatkan partisipasi masyarakat secara aktif untuk ikut serta menyumbangkan kosakata lainnya yang belum masuk dalam kamus daring tersebut,” katanya.

Hadirnya aplikasi Kamus Bahasa Jawa Dialek Banten ini menjawab tantangan di tengah derasnya arus digital saat ini. Aplikasi gratis ini diharapkan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk memelihara dan merevitalisasi penggunaan bahasa daerah.
“Kami sangat berharap hadirnya kamus digital ini dapat menghidupkan kembali muatan penggunaan bahasa lokal di Banten seperti dalam upacara perkawinan, khutbah-khutbah di masjid yang memang kelompok masyarakat bisa menggunakan bahasa daerah. Selain itu juga di sekolah tentunya, supaya para siswa belajar penggunaan Bahasa Jawa dialek Banten,” kata Halimi Hadibrata, Kepala Kantor Bahasa Banten.

Hadir dalam dua versi, yakni web dan berbasis android, Tim Pengembang aplikasi Kamus Bahasa Jawa Dialek Banten Hendry Gunawan menegaskan bahwa untuk bisa mengajukan usulan kosakata, masyarakat dapat menyambangi aplikasi berbasis android dengan melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah terdaftar sebagai pengguna (user), selanjutnya akan dijumpai fitur “tambahkan kata”. Pengguna yang ingin menambahkan kosakata dapat langsung menuliskan sesuai dengan ketentuan yang tertera dan akan melalui proses verifikasi oleh Tim Verifikator di Kantor Bahasa Banten. (Afifah/mg)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini