Beranda Pendidikan Kantor Bahasa Banten dan Krakatau Posco Jalin Kerjasama Program BIPA untuk TKA

Kantor Bahasa Banten dan Krakatau Posco Jalin Kerjasama Program BIPA untuk TKA

Kepala Kantor Bahasa Banten, Asep Juanda (batik tengah) bersama tim bertemu jajaran perwakilan Krakatau Posco.
Kepala Kantor Bahasa Banten, Asep Juanda (batik tengah) bersama tim bertemu jajaran perwakilan Krakatau Posco.

CILEGON – Kantor Bahasa Provinsi Banten memenuhi undangan Krakatau Posco untuk melakukan penjajakan kerja sama kebahasaan. Undangan tersebut merupakan tindak lanjut yang dilakukan oleh Krakatau Posco atas kegiatan Pemasyarakatan Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Kota Cilegon yang telah dilakukan oleh Kantor Bahasa Provinsi Banten pada bulan Agustus 2023.

Kepala Kantor Bahasa Banten, Asep Juanda bersama tim dan Ketua Afiliasi Pengajar dan Penggiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Provinsi Banten, Tito Dimas, disambut hangat oleh perwakilan Krakatau Posco Andri, HR Department Headdan Sayid Bahri Sriwijaya, Training Team Leader Guntur dan para staf.

Asep Juanda menyampaikan apresiasi terhadap praktik baik pengajaran bahasa Indonesia bagi Tenaga Kerja Asing (TKA) di Krakatau Posco. Asep juga menyampaikan paparan singkat terkait kebijakan program Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka.

“Kantor Bahasa Banten mengapresiasi pelaksanaan program bahasa di Krakatau Posco. Krakatau Posco satu-satunya perusahaan pengguna jasa TKA di Provinsi Banten yang telah melaksanakan program bahasa secara komprehensif dan mandiri. Pembelajaran tidak hanya mengajarkan bahasa, tetapi juga budaya Indonesia. Pembelajaran dikonsep sedemikian mulai dari tes hingga evaluasi’’ tutur Asep, Selasa (26/9/2023).

Tito Dimas, Ketua APPBIPA Provinsi Banten mengatakan Program BIPA merupakan pengajaran yang bertujuan untuk menaikkan nilai luhur bahasa Indonesia. Selain itu, Tito menyampaikan informasi universitas yang tergabung dalam APPBIPA Banten.

“APPBIPA Banten siap bekerja sama dengan Krakatau Posco terkait pengajar dan konsultasi bahan ajar.”

Training Team Leader Krakatau Posco,
Sayid Bahri Sriwijaya mendukung penuh program BIPA. “Krakatau Posco siap mendukung program Kantor Bahasa Provinsi Banten,” tuturnya.

Sayid mengusulkan agar program lebih baik lagi, Krakatau Posco berharap Kantor Bahasa Banten dapat memberikan supervisi pengembangan bahan ajar, khusus sektor industri. “Begitu juga dengan UKBI, kami siap untuk ikut simulasi, namun kami memberi masukan kedepan UKBI perlu mengadaptasi model OPI atau TOEIC Speaking khusus untuk sektor industri,” tutur Sayid.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Kantor Bahasa Banten dan tim berkesempatan melihat langsung proses pembelajaran bahasa Indonesia bagi TKA dan pembelajaran bahasa Korea bagi karyawan WNI.

Kantor Bahasa Banten dan Krakatau Posco bersepakat akan saling berkoordinasi dan bekerja sama dalam program ke-BIPA-an, khususnya di sektor industri. Krakatau Posco menjadi contoh pelaksanaan program bahasa bagi perusahaan pengguna jasa TKA di Provinsi Banten. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini