Beranda Pemilu 2024 Kandidat Kuat Cawapres Prabowo Usai Cak Imin Membelot ke Anies

Kandidat Kuat Cawapres Prabowo Usai Cak Imin Membelot ke Anies

Prabowo Subianto - foto istimewa fajar.co.id

SERANG – ursa bakal calon wakil presiden (Cawapres) untuk mendampingi bakal calon presiden (capres) tertentu yang akan bertanding dalam Pilpres 2024 mendatang kian memanas.

Kabar terbaru yang semakin menjadikan bursa cawapres panas datang dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Bakal calon presiden Anies Rasyid Baswedan pada akhirnya memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai cawapresnya, alih-alih menggandeng Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang satu koalisi dengannya.

Di sisi lain, Cak Imin sendiri sudah dibahas dan digadang-gadang akan menjadi bakal cawapres untuk capres Prabowo Subianto. Oleh karena itu, tersisa dua nama kandidat lain yakni Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Lantas, seperti apakah profil kandidat kuat cawapres Prabowo setelah Cak Imin ‘membelot’? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kandidat cawapres Prabowo pertama yang tersisa adalah Erick Thohir. Ia lahir di Jakarta pada 30 Mei 1970 dari lingkungan keluarga pengusaha.

Erick Thohir mengambil pendidikan sarjananya di du Glendale University mengambil jurusan Bachelor of Arts dan berhasil lulus pada tahun 1990.

Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di California, ia mengambil S2 di National University dengan mengambil jurusan Master of Business Administration. Ia berhasil lulus pada tahun 1993.

Erick Thohir lalu memulai kariernya sebagai seorang pebisnis. Ia mendirikan sebuah bisnis media yang dinamakan Mahaka Group bersama dengan rekannya yang lain.

Memiliki minat di bidang media hinga pada tahun 2001, ia mengakuisisi harian Republika yang pada saat itu sedang didera krisis keuangan dan berada di ambang kebangkrutan.

Lalu, Erick Thohir menduduki jabatan sebagai Presiden Direktur PT Mahaka Media sampai 30 Juni 2008. Di tahun 2010, ia kemudian diangkat menjadi komisaris utama sampai saat ini.

Erick Thohir juga menjadi Presiden Direktur VIVA Grup dan Beyond Media. Ia juga mengembangkan bisnisnya ke dunia periklanan, jual beli tiket, serta desain situs web.

Selain itu, Erick Thohir juga bermain di bisnis olah raga. Ia didapuk sebagai Ketua Umum Perbasi pada tahun 2006 sampai dengan tahun 2010. Tak hanya di dalam negeri, ia juga ditunjuk sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia – Tenggara (SEABA) di tahun 2006 – 2014.

Hal tersebut juga lah yang membawa Erick Thohir berani mendirikan klub bola basket Mahaka Satria Muda Jakarta dan Mahaputri Jakarta. Saat ini, Erick Thohir diketahui juga menduduki jabatan sebagai Menteri BUMN.

Gibran Rakabuming Raka merupakan putra sulung dari Presiden Joko Widodo. Ia lahir di Solo pada 1 Oktober 1987.

Gibran menghabiskan pendidikan dasarnya di Solo. Ia melanjutkan pendidikannya di Singapura tepatnya di Orchid Park Secondary School di tahun 2002. Saat SMA, ia melanjutkan pendidikan di Management Development Institute of Singapore (MDIS).

Setelah lulus, Gibran melanjutkan pendidikannya di University of Technology Insearch, Sydney, Australia sampai lulus di tahun 2010.

Gibran kemudian mendirikan usaha katering yang diberi nama Chilli Pari. Usahanya tersebut kemudian mengantar Gibran menduduki jabatan sebagai Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Di tahun 2015 tepatnya bulan Juni, Gibran menikahi mantan Putri Solo yang bernama Selvi Ananda.

Saat ini, Gibran menduduki jabatan sebagai Wali Kota Solo dan digadang-gadang akan ikut bertempur dalam Pilpres 2024 menjadi wakil presiden dari Prabowo Subianto. Kendati demikian, Gibran masih terhalang aturan usia untuk menjadi cawapres.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini