Beranda Peristiwa Kamu Susah Tidur dan Beser, Awas Terserang Penyakit Mematikan Ini

Kamu Susah Tidur dan Beser, Awas Terserang Penyakit Mematikan Ini

1004
0
Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Kamu susah tidur dan sering beser? Bisa jadi ada penyakit yang menghantui kamu, seperti diabetes.

Naiknya kadar gula darah terjadi saat kadar glukosa di dalam darah meningkat. Ini disebabkan kadar insulin tubuh menurun dan tak memiliki cukup insulin untuk memproses glukosa tersebut.

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh naiknya gula darah adalah diabetes. Dan kamu bisa menghindarinya dengan mengenali gejala-gejala berikut ini, seperti dikutip dari detik.com.



1. Sering kencing

Merasa sering kencing seharian dan bahkan di malam hari saat tidur dan membuatmu terbangun beberapa kali? Bisa jadi salah satu tanda gula di dalam darahmu tinggi.

2. Terus-terusan haus

Terus-menerus merasa haus bisa menjadi indikasi bahwa darahmu mengandung banyak gula, yang nantinya akan menekan ginjalmu, membuatmu berekskresi lebih sehingga membuatmu harus minum yang banyak.

3. Selalu merasa lelah

Selalu merasa lelah merupakan indikasi melonjaknya kadar gula dalam darahmu. Saat terlalu banyak gula di dalam darah, berarti sel-sel tubuhmu tak mendapatkannya secara cukup dan berdampak pada ototmu, sehingga membuatmu merasa lelah.

4. Mulut kering

Karena sering kencing, tubuh akan menjadi dehidrasi, yang membuat mulutmu menjadi terasa kering.

5. Susah konsentrasi

Ketika kamu merasa lemah dan lesu, tingkat konsentrasimu juga menurun, membuatmu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melakukan hal yang biasanya membutuhkan waktu lebih sedikit biasanya.

6. Pandangan buram

Disebabkan oleh naiknya kadar gula darah, lensa mata bisa membengkak, mengganggu kemampuanmu untuk melihat dengan benar alias menjadi buram.

7. Lapar melulu

Melonjaknya gula darah dapat membuat tubuhmu sulit untuk mengubah makanan menjadi energi sehingga membuatmu merasa lapar melulu, karena sel-sel tubuhmu menginginkan glukosa.

8. Proses pemulihan yang lambat

Kadar gula darah yang melonjak bisa berdampak pada sistem pernapasan, arteri, dan juga saraf, menjadikan proses pemulihanmu menjadi lambat.

9. Kaki dan tangan terasa bengkak atau mati rasa

Naiknnya gula darah atau diabetes bisa membuat kaki dan tangan mati rasa karena mengenai arteri dan sarafmu.

10. Masalah perut

Kadar gula darah yang meningkat juga bisa berdampak besar pada kemampuan tubuh untuk mencerna, sehingga menimbulkan masalah pada perut.

11. Mendadak turun berat badan

Jika kamu baru-baru ini merasa berat badan turun dan tak ada alasan yang bisa menjelaskannya, bisa jadi mengindikasikan naiknya gula darah.

(Red)