Beranda Gaya Hidup Kamu Suka Minder? Coba Cara Ini untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kamu Suka Minder? Coba Cara Ini untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

62
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Tak semua orang memiliki kepercayaan diri yang sama. Bahkan banyak yang merasa jika diri mereka kurang. Mereka tidak percaya diri dengan bentuk fisik ataupun latar belakang mereka. Sehingga mereka merasa rendah diri dan minder.

Untungnya, rasa percaya diri bisa dipelajari demi meningkatkan kualitas diri kita. Gak percaya? Berikut ini adalah lima cara sederhana meningkatkan rasa percaya dirimu seperti dilansir IDN Times.

1. Melatih pikiranmu

Rasa percaya diri bergantung pada pikiranmu, apalagi jika di awalnya kamu memang berniat meningkatkannya. Banyak hal bisa kamu lakukan untuk menguatkan pikiranmu. Di antaranya dengan berolahraga, membaca buku ataupun bermeditasi setiap pagi.

Di dalam tubuh sehat terdapat jiwa yang kuat. Jiwa yang kuat melahirkan pikiran positif. Jika badan, jiwa dan pikiranmu sehat, secara otomatis hal tersebut akan membuat rasa percaya dirimu meningkat dalam mengerjakan apapun.

2. Buang segala pikiran negatif

Pikiran manusia memang sangat kompleks. Selalu banyak hal yang melintas ke dalam pikiran kita baik hal positif maupun negatif. Kita memang tidak bisa mencegahnya, namun kamu bisa memilih pikiran mana saja yang kamu ambil.

Buanglah pikiran-pikiran negatif yang hinggap di dalam kepalamu. Hal itulah yang selalu meruskan rasa percaya diri seseorang. Kita akan selalu dimasuki kertakutan-ketakutan yang tak jelas. Tapi tahukah kamu, tak jarang ketakutan tersebut hanyalah ilusi belaka.

3. Kenakanlah pakaian terbaikmu

8 Tanda Kalau Kamu Punya Pengendalian Emosi yang Baik

Percaya atau tidak, pakaianmu sangat berpengaruh terhadap rasa percaya dirimu. When you look good, you feel good. Cara kamu berpakaian merupakan cerminan dari dirimu sendiri dan mampu meningkatkan mood-mu.

Bukan berarti kamu harus serba menggunakan pakaian yang mahal dan branded. Namun tampilah dengan pakaian yang tepat, nyaman dan wangi. Dijamin deh percaya dirimu bakalan meningkat pesat.

4. Mengambil kelas pengembangan diri

Jika kamu termasuk orang yang sangat susah untuk tampil percaya diri di hadapan orang banyak. Cobalah untuk mengambil kelas pengembangan diri. Hal ini akan membantu mu untuk melatih kemampuan perform di hadapan orang banyak.

Disana kamu juga akan belajar bagaimana cara berinteraksi dengan baik hingga melakukan public speaking yang benar. Memang kamu harus mengeluarkan uang yang tak sedikit. Namun hal yang diraih pun akan sangat berarti untuk kehidupanmu. Karena kepercayaan diri adalah satu kunci penting dalam kesuksesan.

5. Melakukan sesuatu hal yang baru

Satu penyebab rasa minder biasanya karena kurang menghargai diri sendiri. Cobalah untuk mengambil me time. Luangkanlah waktu untuk lebih mengenali dirimu sendiri. Kamu bisa mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Sebagai contoh, kamu bisa menjadi volunteer dalam sebuah acara amal, traveling ke tempat baru ataupun berkenalan dengan orang-orang baru. Teruslah kenali dirimu dan jangan biarkan perkataan buruk orang lain memengaruhimu.

Jika kamu sudah mampu menghargai dirimu sendiri, percaya diri akan menjadi bagian dirimu.

Nah itulah cara meningkatkan rasa percaya dirimu. Siap untuk mencobanya? (Red)